Pelayanan 3 KUA OKU Meningkat Manjadi KUA Revitalisasi

Foto : Salah satu pelayanan KUA yang meningkat yaitu KUA kecamatan Lubuk Raja,selain satu pintu salah satunya penambahan layar display digitalisasi

OKU, Peristiwaterkini.id – Sebanyak 3 Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) di tetapkan sebagai KUA revitalisasi dari Kementerian Agama (kemenag) pusat.

Dikatakan H Muhammad Ali kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, ada 3 KUA yang mendapatkan predikat revitalisasi dan mendapatkan alat display digitalisasi untuk pelayanan yang sudah di fungsikan, saat ditemui di ruang kerjanya Kankemenag OKU, Rabu (8/3/2023).

“Ketiga KUA yang sudah mendapatkan revitalisasi yaitu KUA kecamatan Lubuk Raja, Baturaja Timur dan KUA kecamatan Baturaja Barat,” katanya.

Dengan adanya revitalisasi ini lanjut M Ali, KUA dapat Menguatkan pelayanan masyarakat di bidang keagamaan, seperti pelayanan proses pernikahan yang dapat dilihat dengan alat display digitalisasi dan terkoneksi dengan internet, seperti aplikasi kartu nikah yang di sebut simkah, selain itu bisa dilihat data kegiatan keagamaan, lembaga pendidikan keagamaan, zakat dan data masjid.

Dalam satu tahun revitalisasi KUA hanya mendapatkan satu di OKU, yang pertama KUA kecamatan Lubuk Raja ditahun 2021, disusul tahun berikutnya kecamatan Baturaja Timur dan tahun ini KUA Baturaja Barat, ada syarat untuk mendapatkan revitalisasi tersebut.

” Syarat mendapatkan revitalisasi yaitu KUA harus meningkatkan pelayanan yang selama ini belum optimal menjadi optimal, seperti pelayanan pernikahan kegiatan masjid semua menyentuh kemasyarakatan bekerjasama dengan setekholder yang ada di setiap kecamatan,” jelasnya.

Kami berharap seluruh KUA yang ada di kab OKU mendapat program ini agar peningkatkan pelayanan ke masyarakat dapat menyentuh langsung ke masyarakat secara prima karena KUA adalah dasar di setiap kecamatan, kedepan akan mengusul kembali KUA revitalisasi, Tandasnya, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *