Rayakan HUT ke -25 Kementerian BUMN, Semen Baturaja Ajak Masyarakat Jalan Sehat Bersama BUMN di Ogan Komering Ulu

start jalan sehat BUMN bersama PT Semen Baturaja oleh PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah

OKU, Peristiwaterkini.id – Menteri BUMN Erick Thohir mengajak seluruh karyawan BUMN dan masyarakat untuk Jalan Sehat Bersama BUMN dalam rangka memperingati 25 Tahun Kementerian BUMN yang dilaksanakan di 234 kabupaten/kota di Indonesia. Kegiatan jalan sehat mengusung konsep Estafet Obor BUMN dari Sabang sampai Merauke dilakukan secara bertahap di 15 provinsi mulai 12/2/2023 hingga 19/3/2023 dengan tema “Bersama BUMN, Menuju Indonesia
Sehat”. Minggu (05/03/2023).

Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 menandai kebersamaan Kementerian BUMN dan masyarakat yang telah terbina selama 25 tahun, dengan harapan Kementerian BUMN dan perusahan BUMN hadir lebih dekat dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan, yang merupakan modal dasar pembangunan.

Di bawah arahan Menteri BUMN Erick Thohir, Kementerian BUMN menjalankan program “BUMN Untuk Indonesia” guna mendorong BUMN memberikan sumbangan terbaik bagi negeri dan rakyat. Sebagai bagian dari BUMN, PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) turut mendukung pelaksanaan Jalan Sehat Bersama BUMN di Ogan Komering Ulu (OKU) yang melibatkan 3.000 peserta yang berasal dari masyarakat umum, karyawan, serta keluarga besar BUMN yang berada di OKU dan sekitarnya. Jalan Sehat Bersama BUMN ini digelar pada Minggu (5/3) di Lapangan Ahmad Yani Taman Kota Baturaja, OKU.

Penyerahan Obor BUMN

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara SMBR dengan PT Permodalan Nasional Madani (PNM). Sebelumnya pada 26 Februari 2023 yang lalu, Semen Baturaja juga mengelar Kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN ini di Kota Bandar Lampung.

Acara dihadiri oleh Direksi SMBR, Perwakilan Manajemen PNM, PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK., M.H, Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal R, S.IP serta pejabat daerah setempat.

Dalam sambutannya, Direktur SMBR (Fungsi Operasi) Suherman Yahya mengatakan, menjadi bagian dari kegiatan Jalan Sehat Bersama BUMN 2023 merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi Semen Baturaja. Melalui kegiatan ini, Semen Baturaja sebagai bagian dari aset bangsa di bawah arahan SIG dan koordinasi Kementerian BUMN, berkesempatan untuk kian dekat dan mempererat hubungan dengan seluruh lapisan masyarakat.

“Jalan Sehat Bersama BUMN merupakan kesempatan bagi kami untuk memperkuat kolaborasi bersama masyarakat, sebagai bekal melanjutkan transformasi melalui pengembangan inovasi produk dan layanan. Bersama SIG, Semen Baturaja telah menjadi bagian dari pembangunan di Indonesia,” kata Suherman Yahya.

Pelaksanaan Jalan Sehat Bersama BUMN di Kota Baturaja ini ditandai dengan penyerahan “Estafet Obor BUMN” oleh Perwakilan Karyawan SMBR kepada PJ Bupati OKU, Teddy Meilwansyah lalu diserahkan kepada Direksi SMBR sebagai perwakilan BUMN yaitu Suherman Yahya dan Tubagus Muhammad Dharury.

Setelah flag-off yang dilakukan oleh PJ Bupati OKU, para peserta Jalan Sehat Bersama BUMN dengan rute Simpang 3 IGD RSUD, Simpang 4 Depag, Simpang 3 Kantor Pos, Simpang 903 Ramayana, Depan Rumah Kabupaten, Tugu Batu Pasar Atas, Gudang Garam, Simpang Empat Sumsel Babel Syariah dan kembali lagi ke Lapangan Taman Kota Baturaja.

Selain jalan sehat, acara juga turut dimeriahkan dengan hiburan musik dari artis setempat, senam
zumba dan bazar UMKM. Sebanyak 12 UMKM yang merupakan mitra binaan SMBR dan UMKM
Lokal di OKU juga ikut serta mempromosikan produk–produk unggulannya. Direktur SMBR, Suherman Yahya menambahkan ini merupakan salah satu wujud nilai AKHLAK yaitu Kolaboratif antara Kementerian BUMN bersama masyarakat untuk mencapai tujuan bersama menuju Indonesia sehat.

Antusiasme peserta jalan sehat sudah terlihat sejak pagi. Ribuan peserta di Kota Baturaja berbondong–bondong mengikuti acara yang juga membagikan sejumlah door prize mulai dari kompor, lemari es, mesin cuci, smart tv, dan hadiah utama berupa sepeda motor serta hadiah menarik lainnya bagi para peserta yang beruntung.

PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan apresiasinya setinggi – tinggi terhadap SMBR atas dedikasinya diharapkan dapat meningkatkan silaturahmi, membangun kebersamaan dan membentuk kebiasaan masyarakat untuk berolahraga.

“Selamat Ulang Tahun Kementerian BUMN yang ke 25 Tahun, kita telah merasakan manfaat nyata keberadaan BUMN terutama SMBR di OKU,” imbuhnya.

Bersama dengan kegiatan ini, SMBR juga melakukan peresmian Jembatan Ogan I yang telah di revitalisasi. Peresmian dilakukan secara simbolis oleh PJ Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah yang didampingi oleh Direksi SMBR beserta jajarannya.

Senior Manager Corporate Social Responsibility (CSR) SMBR Gili Aprial Braja mengatakan melalui program TJSL BUMN, SMBR berupaya memberikan dukungan riil terhadap pembangunan di OKU yang merupakan wilayah operasional kita.

“Jembatan Ogan I merupakan infrastruktur sekaligus ikon penting bagi Kota Baturaja yang juga menjadi logo pemerintah Kabupaten OKU,” ujarnya.

Kemeriahan jalan sehat ini dirasakan oleh Mutiara Anisa, warga Kota Baturaja yang mendapatkan hadiah utama sepeda motor. “Terima kasih, karena saya tidak menyangka mendapatkan hadiah utama,” kata Mutia dengan rasa senang. “Terima kasih kepada Pak Erick Thohir, Kementerian BUMN, SIG, Semen Baturaja, PNM yang telah mengadakan kegiatan ini jaya masyarakat OKU” katanya.

Tentang Perseroan:
PT Semen Baturaja Tbk (sebelumnya PT Semen Baturaja) didirikan pada tanggal 14 November 1974. Pada awal pendirian kepemilikan saham Perseroan terdiri dari PT Semen Padang (Persero) sebesar 55 % dan PT Semen Gresik (Persero) sebesar 45%.
Pada 9 November 1979, atau setelah 5 (lima) tahun berdiri, terjadi perubahan komposisi kepemilikan saham, menjadi: 88% Pemerintah Republik Indonesia, 7% PT Semen Padang (Persero) dan 5% PT Semen Gresik (Persero). Dengan perubahan komposisi saham tersebut, Perseroan berganti nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) pada 19 Agustus 1980. Puncaknya, pada 15 Oktober 1991, seluruh saham Perseroan diambil alih secara penuh oleh Pemerintah Republik Indonesia.
Pada 28 Juni 2013, seiring dengan perkembangan bisnis Perseroan, PT Semen Baturaja (Persero) melakukan aksi korporasi yakni penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di mana saham Perseroan resmi diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan Kode Saham SMBR. Dengan adanya aksi korporasi tersebut, Status Perseroan berubah menjadi Perseroan Terbuka dan mengalami perubahan nama menjadi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Akhir tahun 2022 menjadi milestone bersejarah bagi SMBR, di mana proses integrasi SMBR ke PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) berhasil diselesaikan dan telah melengkapi seluruh tahapan pembentukan holding BUMN Sub klaster semen yang ditandai dengan penandatanganan Akta Perjanjian Pengalihan Saham pada tanggal 19 Desember 2022 antara Negara Republik Indonesia dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di mana sebanyak 7.499.999.999 (tujuh miliar empat ratus sembilan puluh sembilan juta sembilan ratus sembilan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan) Saham Seri B milik Negara RI di SMBR beralih kepemilikannya kepada PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, sehingga status saat ini SMBR berubah menjadi Non-Persero menjadi PT Semen Baturaja Tbk.(lee/Ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *