Terima 18 Alat USG Bagi Puskesmas, Dedy : Pelayanan nya Gratis

Foto : Penyerahan secara simbolis alat USG untuk puskesmas yang di dapat dari kementerian Kesehatan

OKU, Peristiwaterkini.id – Dinas Kesehatan Kabupaten OKU tahun 2023 mendapat bantuan Alat Ultrasonografi (USG) yang di peruntukkan bagi setiap puskesmas yang berada di Kabupaten OKU. Bantuan alat USG itu didapat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang di terima Dinas Kesehatan OKU.

Hal ini diungkapkan PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Dedy Wijaya SKM M Kes kepada portal ini pada Kamis, (2/3/2023). Menurut Dedy, saat ini alat USG itu sudah disebar ke setiap puskesmas di wilayah kabupaten OKU.

“Alhamdulillah tahun ini kita mendapat bantuan sebanyak 18 unit alat USG yang di bagikan kesetiap puskesmas. Alat ini fungsinya adalah untuk mengecek kehamilan ibu – ibu yang ada di Kabupaen OKU,” Ungkap Dedy.

Dedy menjelaskan, sebelum alat tersebut di sebar ke setiap puskemas, terlebih dahulu telah dilakukan uji fungsi. Dan nantinya untuk operator alat adalah dokter yang berada di puskesmas.

“Alatnya susah kita uji fungsi terlebih dahulu. Dan untuk operatornya nanti adalah dokter umum yang ada disetiap puskesmas. Kita pastikan dokternya susah siap semua,” jelasnya.

Lebih jauh Dedy menjelaskan, sesuai dengan peraturan menteri kesehatan nomor 21 tahun 2021 bahwa pemeriksaan ibu hamil minimal dilakukan sebanyak 6 kali sepanjang masa kehamilan. Dan untuk pemeriksaan melalui USG minimal dilakukan sebanyak 2 kali selama masa kehamilan.

“Nah di harapkan dengan telah disebarnya alat USG ini para ibu hamil disetiap pelosok desa di kabupaten OKU dapat memeriksakan kandungan nya di puskesmas, dan pemeriksaan nya kita layani dengan  gratis,” jelasnya kemudian.

Inti terpenting dengan adanya alat USG ini terang Dedy, adalah agar dapat memantau sejak dini janin yang ada di dalam kandungan para kaum ibu. Agar jika terjadi gangguan atau  kelainan dapat segera di lakukan tindakan lebih lanjut.

“Kaitan nya adalah untuk pencegahan stunting juga, jadi jika ada indikasi gangguan terhadap janin maka kita dapat mengetahui secara dini dan  dapat segera kita rujuk ke Rumah sakit,” kata Dedy.

Alat ini kata PLT Kadinkes telah di serahkan kesetiap puskesmas yang ada di Kabupaten OKU. beberapa diantaranya diserahkan secara simbolis oleh PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah pada saat Musrenbang Kecamatan beberapa pekan lalu.

“Alat ini sudah beroperasi sejak awal 2023 kemarin. Dan perlu kita tegaskan lagi, pelayanan nya gratis. Memang alat ini masih merupakan alat USG 2 dimensi, namun sudah bisa untuk mengetahui screaning awal kehamilan,” Pungkasnya.(Lee).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *