Pembangunan Jalan Transportasi PLTU Sumbagsel -1 Rampas Lahan Desa Keban Agung

Foto : Jalan aset desa Keban Agung dibangun jalan proyek PLTU Sumbagsel-1

OKU, Peristiwaterkini.id – Proyek Pembangunan jalan menuju PT PLTU Sumbagsel-1 di Desa Keban Agung Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) diprotes warga karena diduga telah mengambil lahan jalan Desa Keban Agung yang merupakan aset milik Desa.

Disesalkan Supriyanto ketua BPD Desa Keban Agung jalan yang dibangun tersebut milik desa.” Ya jalan yang dibangun oleh PLTU Sumbagsel-1 adalah milik aset Desa Keban Agung,” katanya, Selasa (21/2/2023).

Masyarakat tidak tahu lanjutnya, bahwa jalan yang dibangun ini ternyata untuk jalan transportasi kendaraan PLTU Sumbagsel-1, ucapnya.

“Awalnya disini adalah jalan setapak yang dibangun sepanjang 450 Meter dan lebar 1 Meter,” terangnya.

Jalan setapak ini dibangun menggunakan anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikerjakan pemerintah desa tahun 2015 lalu.
Jalan ini untuk mempermudah warga menuju tempat pemandian atau sungai Ogan, jelasnya.

Sambung Arman,warga sempat desa sempat dibuat kaget,karena jalan setapak yang dibangun desa Keban Agung tiba-tiba koq sudah menjadi jalan proyek PLTU Sumbagsel-1.

Pembangunan jalan ini parahnya lagi tidak melalui persetujuan warga sekitar . Warga Desa  Keban Agung sampai dengan saat ini tidak pernah menyetujui pembangunan jalan yang sudah mengambil jalan desa tersebut.

“Tidak ada musyawarah dan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak perusahaan untuk melakukan pembongkaran jalan milik desa.
Selain itu warga sekitar juga terdampak atas pembangunan jalan. Warga akhirnya menuntut akibat dampak yang ditimbulkan terkait pembangunan jalan tersebut,” ungkapnya.

Dampak dari pembangunan jalan tersebut halaman rumah menjadi berlumpur dan berdebu, tanah pembangunan di buang dilahan warga tanpa persetujuan warga, sampai saat ini belum ada perbaikan atas rumah yang berdampak pada pembangunan jalan.

Menyikapi protes dan demontrasi warga Gunawan Perwakilan PT PLTU Sumbagsel-1 mengatakan bahwa”pembangunan proyek PLTU Sumbagsel-1 saat ini sudah membangun akses jalan 3,5 KM dan 2 jembatan.
Saat ini sudah dibangun infrastruktur jalan menuju pembangunan perusahaan, hal ini disampaikan saat demontrasi anti damai di depan masa(6/2) lalu, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *