Monitoring Aset Kabupaten, Dinas PMD Provinsi Sambangi Kabupaten OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Plt kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) bersama PMD kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) hari ini mengadakan monitoring Aset di 17 kabupeten dan kota yang ada di Sumsel, salah satunya kabupeten Ogan Komering Ulu, Selasa (14/2/2023).

Kunjungan tersebut melihat administrasi aset yang ada di beberapa desa yang ada di Sumsel, kabupaten OKU dari pantauan portal ini PMD provinsi memonitor 2 desa yang ada di kecamatan Lubuk Raja yaitu desa Batumarta II dan desa Batumarta I.

Plt kepala Dinas PMD provinsi Sumsel Drs H Sutoko M.Si mengatakan Kunjungan hari ini dilakukan di dua desa yaitu desa Batumarta I dan desa Batumarta II, ” kita lihat secara administrasi sudah bagus secara kasat mata fisiknya sudah bagus dilihat dari sinerginya dengan unsur kekuatan desa BPD dan unsur masyarakatnya tokoh masyarakat sudah bagus,” ucapnya.

ditambahnya, PMD provinsi hadir bahwa pemerintah desa adalah bagian dari pemerintah kabupaten, pemerintah kabupeten dihimpun dari pemerintahan Profinsi dan republik Indonesia akan baik diawali dari pemerintah tingkat desa bagus.

Dari kunjungan ini PMD melihat administrasi desa dan aset yang ada di desa terutama aset desa berupa pengelolaan wisata seperti wisata taman jodoh yang ada di desa Batumarta II yang langsung ditinjau ke lokasi dan melihat langsung pengelolaan wisatanya.

harapannya ketika Kunjungan ke kabupaten lain yaitu desa Batumarta I dan Batumarta II kita pandang wajar kita akan menjadikan contoh tempat desa – desa di Sumatra namun setelah kita selesai kunjungan di desa desa lainnya, ungkapnya.

Sementara itu kepala desa Batumarta I Delys Ardo SH melalui Aman Andesta sekertaris Desa mengatakan dari monitoring PMD provinsi hari ini kedepannya aset desa dapat segera di input di aplikasi Sistem Pengelolaan Aset Desa  (SIPADES).

” Kami berharap dengan aplikasi Simpeda dapat mempermudahkan kinerja desa dalam mengelola aset desa,” ucapnya.

Aplikasi ini segera di sosialisasi di desa masing – masing agar mempermudah perangkat desa dalam mengelola aset desa. kedepan bisa menambah staf kaur umum khusus untuk pengelola aset desa, Dan bisa dianggarkan melalui APBDes desa, Tandasnya, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *