OKU  

Demokrasi, Pemilihan Ketua RT Dilaksanakan Dengan Pemungutan Suara

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 04 Dusun Tegal Jaya Desa Batumarta I Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)  pada Senin (13/2/2023) berlangsung layaknya pemilihan umum legislatif. Pemilihan ketua RT itu diikuti oleh 3 calon.

Adapun ke 4 calon ketua RT itu, yakni Sih Titin Nampi nomor urut 1, Amin Wijaya nomor urut 2 dan Agus Sulistyo nomor urut 3. Para kandidat untuk diminta menyampaikan misi dan visi nya sebelum dilakukan pemilihan secara langsung, pemilihan ini dilaksanakan di Halaman Rumah Edok warga dusun Tegal jaya.

Ketua Penyelenggara Pemilihan RT 04, Tri Purwanto mengatakan, bahwa pemilihan ini diselenggarakan karena Ketua RT sebelumnya mengundurkan diri. Pemilihan ini juga sebagai ajang latihan dalam menghadapi Pemilu di 2024 yang akan datang.

“Alhamdulillah pemungutan suara RT 04 di dusun Tegal jaya berjalan dengan lancar, hingga penghitungan suara,” ucapnya.

Tri juga menjelaskan bahwa jumlah DPT di RT 04 berjumlah sebanyak 65 orang pemilih yang diambil dari satu kepala keluarga, pemilihan dilakukan atas permintaan warga dusun, karena warga tidak menginginkan ketua RT hanya di tunjuk saja, harus ada pemilihan secara umum.

Dari hasil pemilihan suara RT jumlah sura terbanyak dimenangkan oleh Sih Titin Nampi dengan nomor urut 1 dengan jumlah perolehan suara sebanyak 42 suara, sedangkan suara terbanyak ke dua Amin Wijaya dengan nomor urut 2 dengan perolehan suara 14 suara dan sisanya Agus Sulistyo.

Sementara itu kepala Desa Batumarta I Delys Ardo SH diwakili oleh kasi pemerintahan desa Indrawan mengatakan pemilihan ketua RT ini berlangsung aman dan kondusif.

” sangat bagus warga memilih RT dengan cara pemilihan umum, karena ketua RT juga milik warga yang mewakili warga di wilayahnya,” ungkapnya.

Dengan pemilihan ketua RT ini diharapkan adanya perubahan di lingkungan RT 04 kedepannya, pemilihan ini disaksikan oleh warga sekitar, pemerintah Desa Batumarta I dan Anggota BPD.(gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *