Pendaftaran Paskibraka Melalui Online

OKU, Persitiwaterkini.id – Rekrutmen Pasukan Pengibar blBendera Pusaka  (paskibraka) Kabupaten OKU tahun 2023 tidak lagi dilaksanakan Diana Pemuda dan Olahraga  (Dispora),  melainkan akan dilakukan badan Kesbangpollinmas. Hal ini sesuai dengan per pres nomo 51 tahun 2022 dan Permendagri nomor 84 tahun 2022 tentang pedoman penyusunan APBD tahun 2023.

Namun hingga kini tahapan perekrutan anggota paskibraka belum dilakukan. Padahal, merujuk Ketahun – tahun sebelumnya, di awal bulan februari, seharusnya telah dilakukan perekrutan untuk kemudian dilakukan tahap seleksi.

Ternyata, belum adanya rekruetmen hingga saat ini lantaran teknis perekrutan yang akan dilakukan tidaklah sam adenga tahun sebelumnya. Hal ini dikatakan Kepada Badan Kesbangpol linmas M Taufiq saat di bincangi die unag kerjanya Senin (13/2/2023). Menurut Taufiq, perekrutan anggota paskibraka tahun ini akan dilakukan sesacar online.

“Ya, akan rekruetmen akan dilakukan secara online. Kemarin tanggal 9 – 10 Februari kita telah mengikuti rapat koordinasi yang di buka oleh  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila di Jakarta,” ujar Taufiq.

Dijelaskan nya, dari hasil pertemuan itu, diputuskan untuk penjaringan peserta paskibraka akan melalui sistem online. Dimana, setiap siswa bisa mendaftar pad alink yang telah di siapkan, lalu nantinya barulah akna dilakukan seleksi.

“Tahapan nya sudah kita susun semua. dan saat ini masih kita tapikan lagi. Yang pasti di bulan Februari ini sudah dimulai. Kita juga sudah berkoordinasi kepada kodim 0403 OKU, Polres OKU dan juga PPI,” Jelasnya.

Lebih rinci, Taufiq mengatakan hasil seleksi anggota paskibraka akan di umumkan pada bulan Mei tahun 2023. ” Kita awali dengan seleksi administrasi dan kesehatan di bulam Februari, lalu di bulan Maret seleksi parade, Seleksi Pancasila dan wawasan kebangsaan, dan seleksi intelegensia umum. Kemudian pada bulan April seleksi peraturan baris berbaris dan kesamaptaan, seleksi kepribadian. barulah pada bulan Mei hasil akhirnya akan diketahui,”rincinya.

Taufiq berharap anggota paskibraka yang nantinya akan terpilih memang benar – benar orang – orang terbaik dari hasil seleksi dan bukan dari titipan – titipan para pemangku kepentingan.

“Saya tidak mau ada yang semacam itu. Ini menyangkut nama baik Kabuaten. Yang saya inginkan tentu yang benar – benar hasil seleksi,” Pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *