Bersikap Positif Thinking Terhadap Pelaku Balap Liar, Kapolres Akan Upayakan Sirkuit

Foto : Kapolres OKU Saat memberi edukasi kepada para pelaku balap liar di kantor Satlantas Polres OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Setelah 5 hari diamankan di kantor Satlantas Polres OKU, akhirnya unit sepeda motor yang terjaring razia balap liar pada minggu dini hari (5/2/2023) dikembalikan kepemilik kendaraan. Namun sebelum dikembalikan ke pemilik, Kapolres OKU AKBP Arif Harsono sempat berkumpul dan memberi arahan serta nasehat kepada pemilik sepeda motor yang ikut maupun menjadi penonton balap liar itu.

Dalam pertemuan antara pemilik kendaraan dan Kapolres itu, AKBP Arif Harsono ingin tahu apa yang menjadi motifasi para kaula muda untuk melakukan balapan liar. Sebab dikatakan Kapolres, balapan di jalan raya sangatlah berbahaya serta penuh resiko yang bisa ditanggung pengemudi maupun pengguna jalan lain.

“Tadi kita sempat berbincang dengan para pelaku balap liarnya. Kita juga beri edukasi mengenai bahaya balapan liar di jalan raya,” Kata Kapolres di bincangi Kamis, (9/2/2023).

Untuk mengakomodir hobi para remaja yang gemar melakukan balapan, Kapolres mengatakan akan mengupayakan fasilitas arena balap yang tidak mengganggu orang lain. Disebutnya dalam waktu dekat dirinya akan mencoba berkomunikasi kepada stake holder yang ada di Kabupaten OKU guna mewujudkan keinginan para pemuda.

“Kalau memang mereka mau menekuni balap, nanti kita akan upayakan sirkuit balapnya. Nanti kita akan koordinasi dengan pemerintah daerah (Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum) untuk mencarikan tempat yang pas buat mereka latihan balap,” sebut AKBP Arif.

Harapan nya, sambung Kapolres dengan nantinya dibuatkan sirkuit balap, para pemuda yang gemar melakukan aksi balap, tidak lagi melakukan balap di jalan raya. Namun sebelum adanya Sirkuit, Kapolres meminta para orang tua untuk dapat menasehati anaknya untuk tidak melakukan balap liar di jalan.

“Memang perlu pengawasan, terutama orang tua. Kita minta kepada orang tuanya untuk menasehati anak nya agar tidak lagi balapan di jalan. Jadi sebelum ada tempat yang patut untuk di jadikan arena balap, kita harap bersabar dan jangan lagi melakukan balap di jalan umum. Karena ini sangat mengganggu pengguna jalan lain,” harapnya.

Untuk proses pengembalian kendaraan kepada pemiliknya, Kapolres meminta kepada pemilik kendaraan melengkapi berkas kendaraan. “Untuk tekhnis nya silahkan koordinasi kepada Kasat Lantas,” pungkasnya.(Lee).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *