Cair UANG BONUS 2023 Oleh Perintah, PNS PPPK TNI POLRI Dan Pensiunan Tanpa Seleksi, Namun Ada Yang Tidak Dapat

Peristiwaterkini.id – Tahun ini Akan ada bonus dua kali lipat untuk PNS, PPPK, TNI, Polri, dan pensiunan pada pertengahan tahun 2023.

Yaitu dalam bentuk tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 yang akan diterima PNS, PPPK, TNI, Polri, dan pensiunan.

Bersamaan dengan pembayaran bulanan, pemerintah juga memberikan THR dan gaji ke-13 kepada PNS, PPPK, TNI, Polri, dan pensiunan setahun sekali.

Pada pertengahan tahun ini akan ada pembagian THR dan gaji ke-13 kepada PNS, pensiunan, dan anggota PPPK, TNI, dan Polri.

Hal tersebut sesuai dengan Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM PPKF) 2023.

Salah satu rencana belanja pegawai tahun 2023 akan digunakan untuk memberikan insentif kepada aparatur negara berupa THR dan gaji ke-13 dalam rangka menjaga konsumsi dan daya beli masyarakat.

Aparatur negara yang dimaksud terdiri dari PNS, PPPK, TNI, dan Polri, serta para pensiunan yang masih menjadi bagian dari aparatur negara.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia (PP) Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pemberian Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan pada Tahun 2022. (Jokowi).

Presiden Jokowi telah mengesahkan PP tersebut pada tanggal 13 April 2022 dan dapat dilihat di laman JDIH Sekretariat Kabinet.

Keinginan pemerintah untuk menjaga tingkat daya beli masyarakat menjadi pertimbangan dalam penetapan aturan tersebut.

Sesuai dengan kemampuan keuangan negara, Pasal 2 menyebutkan bahwa:

“Pemerintah memberikan Tunjangan Hari Raya dan Gaji Ketiga Belas kepada aparatur negara, pensiunan, penerima pensiun, dan penerima tunjangan pada tahun 2022 sebagai bentuk penghargaan atas pengabdian kepada bangsa dan negara”.

Pasal 5 Perpres ini menegaskan, Pegawai Negeri Sipil (PNS), prajurit TNI, dan anggota Polri tidak berhak atas THR dan gaji ke-13 sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 apabila:

  1. Sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara atau dengan sebutan lain;
  2. Ditugaskan secara penuh di luar tanggungan negara, baik di dalam maupun di luar negeri yang gajinya dibayarkan oleh instansi tempat penugasan, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Lalu kapan double bonus berupa THR dan gaji ke-13 akan dibagikan kepada PNS, PPPK TNI, Polri, dan pensiunan?

Jadwal pencairan THR paling lambat 10 hari kerja sebelum atau sesudah tanggal Hari Raya Idul Fitri.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2022, di mana pada tahun 2023, tepatnya tanggal 22 dan 23 April, Hari Raya Idul Fitri jatuh pada tahun ini.

“Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dibayarkan paling cepat sepuluh hari kerja sebelum tanggal Hari Raya. Dalam hal Tunjangan Hari Raya sebagaimana dimaksud belum dapat dibayarkan, Tunjangan Hari Raya dapat dibayarkan setelah tanggal Hari Raya,” bunyi ketentuan Pasal 11 ayat 1 dan 2.

Sementara itu, gaji ke-13 dibayarkan paling cepat pada bulan Juli, dan apabila tidak dapat dibayarkan sesuai dengan perkiraan, maka dapat dibayarkan setelah bulan Juli.

Berapa besaran double bonus (berupa THR dan gaji ke-13) untuk PNS, PPPK, TNI, Polri, dan pensiunan?

Gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan/umum, dan tunjangan kinerja sebesar 50% sudah termasuk dalam komponen THR dan gaji ke-13 untuk PNS, PPPK, TNI, dan Polri yang dibayarkan pada saat THR dan gaji ke-13.

Dengan kata lain, kedua bonus tersebut memiliki nominal yang sama, namun besarannya berbeda-beda tergantung dari golongan jabatan dan instansi pemerintah.

Untuk pensiunan PNS, TNI, dan Polri, komponen bonus berupa THR dan gaji ke-13 terdiri dari pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan tambahan penghasilan.

Tunjangan keluarga yang diterima oleh masing-masing golongan berbeda, yaitu tunjangan istri/suami sebesar 10% dari gaji pokok dan tunjangan anak sebesar 2% dari gaji pokok.

Tunjangan pangan terdiri dari tunjangan beras sebesar Rp72.420 per orang, atau 10 kg beras per orang.

Serta tunjangan uang makan sebesar Rp35.000 per hari untuk eselon I dan II, Rp37.000 per hari untuk eselon III, dan Rp41.000 per hari untuk eselon IV.

Tunjangan jabatan untuk eselon IA, IB, IIA, dan IIB masing-masing sebesar Rp5.500.000, Rp4.375.000, Rp3.250.000, dan Rp2.025.000.

Tunjangan umum untuk golongan I sebesar Rp175.000, golongan II Rp180.000, golongan III Rp185.000, dan golongan IV Rp190.000.

Kemudian untuk eselon IIIA Rp1.260.000, IIIB Rp980.000, IVA Rp540.000, IVB Rp490.000, dan VA Rp360.000.

Setiap organisasi pemerintah memiliki tunjangan kinerja yang berbeda-beda, mulai dari jutaan hingga ratusan juta rupiah.

Demikian informasi ini yang berkaitan dengan nominal bonus dua kali lipat yang akan dibayarkan pada pertengahan tahun.

Yaitu kepada PNS, PPPK, TNI, Polri, dan pensiunan dalam bentuk THR dan gaji ke-13.***

Sumber: klikpendidikan.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *