SMAN 2 OKU Terus Kembangkan Ekskul Sebagai Modal Pendulang Prestasi

OKU, Peristiwaterkini.id- Memasuki awal tahun 2023 SMAN 2 OKU terus mendapatkan juara perlombaan tradisional dalam beberapa even tingkat nasional yang di adakan di 3 kebupaten.

Bagaimana bisa siswa SMAN 2 OKU terus mendapatkan juara umum tingkat nasional dalam oleh raga tradisional, kepala sekolah SMAN 2 OKU Agus Sudiana S, Pd. M.M mengatakan sekolah itu mengadakan pelajaran Ekstrakurikuler (ekskul) satu hari dalam seminggu.

“Eskul diadakan setiap hari Sabtu dan wajib diikuti oleh seluruh siswa, sebanyak 24 eskul wajib dan ada eskul pilihan yang diadakan di hari lain,” ucapnya, Jum’at (27/1/2023).

Dilanjutkan Agus, tujuan dari eskul ini  agar setiap anak bisa aktif dalam pengembangan diri masing – masing sesuai dengan bakat dan pembinaannya. Kegiatan ekskul yang diikuti oleh setiap siswa akan dimasukan dalam penilaian di rapot, nilai tersebut akan menjadi bahan pertimbangan untuk masuk ke perguruan tinggi.

” Olah raga tradisional menjadi ekskul pilihan yang  dilaksanakan di lain hari bukan hari Sabtu, dalam satu Minggu bisa dilaksanakan berlatih satu kali, namun jika menghadapi even atau perlombaan bisa berlatih 3 kali dalam satu Minggu dan ini termasuk ekskul sekolah, untuk pelatihan bisanya latih tanding bersamaan rekannya, pembinaan pelitahan agar lebih kuat dan juga menyiapkan fisi siswa dalam menghadapi pertandingan,” jelasnya.

SMAN 2 OKU dalam waktu dekat bersama tim Sumsel akan mengikuti Pekan Olah Raga Nasional (Pornas) 2023 di Bandung Jawa barat,  untuk mengikuti olah raga tradisional, kegiatan tersebut akan di mulai pada bulan April atau Mei.

“persiapan tinggal cabang – cabang apa saja yang akan di persiapkan, untuk andalan olah raga tradisional yaitu Bakiak, egrang, gobak sodor, gebuk bantal, dan tarik tambang. Dengan ikut dalam Pornas di Bandung nanti Harapannya anak anak bisa mempersembahkan prestasi terbaik, mengharumkan nama sekolah kabupaten dan Provinsi, kemudian berdampak pada seleksi penerimaan mahasiswa yang diikuti mereka pada periode berikutnya,” tandasnya.

Sebelumnya SMAN 2 OKU Sudah menjuarai di tiga even yang diadakan di  Ranau kabupaten OKU Selatan, di kabupaten muara Enim 29 Desember dan kabupaten OKU Timur pada tanggal 19 Januari 2023, semuanya menyabet juara umum, dengan peraihan tersebut menambah semangat tim untuk menuju ke Fornas Jawa Barat.(gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *