Museum Goa Harimau Akan Diresmikan Juni 2023

OKU, Peristiwaterkini.id – Usai meninjau situs Cagar Budaya Gua Harimau Penjabat (Pj) Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), H Teddy Meilwansyah meninjau Museum Gua Harimau di Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji. Museum purbakala tersebut itu rencananya akan diresmikan pada tahun ini.

Dikatakan PJ Bupati OKU), H Teddy Meilwansyah kepada wartawan, usai meninjau museum tersebut bersama pejabat terkait lainnya,  museum gua harimau ini adalah bantuan dari Kementerian Pariwisata yang mulai dibangun pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2019 lalu.

“Memang rencananya museum ini akan diresmikan pada tahun 2020 lalu. Namun karena pandemi jadi belum sempat diresmikan. Mudah mudahan bulan Juni tahun 2023 ini akan kita resmikan,” ucapnya Selasa (10/01/23).

Dilanjutkan Teddy, Peresmian itu hasil dari koordinasi kementerian Pariwisata dan Pemkab OKU.

“Dua minggu lalu Kementerian Pariwisata sudah meninjau juga museum gua harimau ini. Dan sudah menginventarisir apa yang perlu diperbaiki dan dipersiapkan dalam rangka peresmian nanti,” ungkapnya.

Diketahui, museum gua harimau ini adalah bantuan dari Kementerian Pariwisata yang mulai dibangun pada tahun 2015 dan selesai pada tahun 2019 lalu. Dikarenakan belum dioperasikan secara maksimal, tambah Teddy, menurutnya memang masih banyak kendala dan perbaikan. Seperti akses jalan, infrastruktur, sarana prasarana serta daya listrik mengingat operasional museum ini sangat besar.

“Nanti kita akan berkoordinasi lagi dengan Kementrian Pariwisata, apakah pihaknya akan mengelolanya atau Pemkab yang mengelolanya,” jelasnya.

Walaupun nanti pengelola kembali ke daerah, dikatakan Teddy Pemkab OKU belum siap dikarenakan banyak hal yang perlu dipersiapkan salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM), (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *