Antisipasi Penyalahgunaan Senjata, Puluhan Personel Polres OKU Ikuti Tes Psikolog

Foto : Para personel polres OKU saat mengikuti tes Psikolog sebagai syarat pihak pakai senjata

OKU, Peristiwaterkini.id – Puluhan Anggota Polres OKU mengikuti Test Psikologi sebagai syarat Pinjam Pakai Senpi. Test psikologi tersebut dilaksanakan di Gedung Wira Satya Multimedia Wicaksana Laghawa Polres OKU Kamis (05/01/2023) sekira pukul. 09.00 Wib dan dibuka oleh Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Sumsel yang dipimpin oleh Kabag Psikologi Biro SDM Polda Sumsel Kompol Suparyono.

Tes Psikolog yang dilaksanakan meluputi Pelayanan Psikologi terpadu kolektif (Pembekalan Kesehatan Mental Psikologis, Mapping Psikologis, Konseling Anggota dan Tes Psikologis) terhadap calon pemegang Senpi Dinas Polri pada lingkungan Polres Oku.

Kapolres Oku Akbp Danu Agus Purnomo melalui Kabag SDM Polres OKU KOMPOL Wahyu Prasetyo mengatakan ujian test psikologi yang diselenggarakan oleh Biro SDM Polda Sumsel merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun sekali. Tujuannya untuk menguji mental anggota Polri di Polres Oku yang akan memegang senjata Api.

“Tes Psikologi ini sebagai syarat bagi anggota yang memegang senjata api (senpi) dinas untuk mengetahui tingkat kecerdasan serta emosi para pemegang senpi di Polres OKU. Anggota yang boleh memegang senpi adalah yang mengikuti tes dan telah lulus ataupun memenuhi syarat setelah ujian psikologi,” ujar Kompol Wahyu.

Kehadiran tim dari Polda Sumsel memberikan pelayanan kepada anggota Polres OKU dalam hal ujian Psikologi yang akan memegang senjata api organik polri. Tujuan nya agar senjata yang dipinjam kan tak disalahgunakan oleh Anggita di lapangan.

“Perlu diketahui, setiap anggota Polri yang berhak untuk memegang senjata api adalah anggota memiliki mental yang baik, sehingga tidak disalahgunakan saat bertugas di lapangan,” Pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *