OKU, SUMSEL  

Usai Press Rilis, Kapolres OKU Musnahkan Knalpot Racing

OKU, Peristiwaterkini.id  – Sebanyak 200 knalpot brong atau knalpot racing yang terjaring razia satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Ogan Komering Ulu (OKU) sepanjang tahun 2022 dimusnahkan Polres OKU di kantor Lantas, Sabtu (31/12/22). Pemusnahan knalpot bersuara bising itu usai gelaran press rilis akhir tahun yang dipimpin Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo dan dihadiri para PJU Polres OKU.

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo diikuti, Waka Polres OKU Kompol  Farida Aprillah, secara simbolis memusnahkan knalpot racing dengan cara dipotong menggunakan gerinda mesin. Selain itu, perwakilan wartawan sebagai pelaku kontrol sosial juga berkesempatan ikut melakukan pemusnahan knalpot yang membuat Resah di masyarakat itu.

Kapolres OKU, AKBP Danu Agus Purnomo mengatakan, pemusnahan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Polres OKU untuk menertibkan pengguna jalan yang menggunakan knalpot racing. Selain itu penggunaan knalpot racing memang melanggar undang – undang lalulintas.

“Karena penggunaan knalpot brong ini sangat menggangu masyarakat. Maka dari itu ditahun 2023 kami bersama seluruh unsur Pemerintah dan TNI berupaya untuk terus menertibkan agar pengguna kendaraan roda dua tidak menggunakan knalpot brong,” kata Kapolres OKU.

Kapolres melanjutkan, knalpot racing yang diamankan dalam waktu satu tahun ini disita pada hari puncak, tepatnya menjelang puasa Ramadhan 1443 H tahun 2022. Selain itu banyak juga yang di sita pada saat razia balap liar yang rutin dilakukan anggota satuan lalu lintas Polres OKU.

“Walaupun kami belum bisa melakukan penilangan secara manual untuk kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong. Namun kami tetap akan melakukan penyitaan terhadap knalpot racing nya serta meminta pemilik kendaraan untuk mengganti knalpotnya dengan knalpot yang original,” pungkasnya. (Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *