OKU, SUMSEL  

Siltap Belum Dicairkan Bank Sumsel, Para Kades Kecewa Berat

OKU, Peristiwaterkini.id – Para kepala Desa (Kades) beserta perangkat desa se Kabupaten OKU merasa sangat kecewa atas pelayanan Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja yang menunda pencairan Penghasilan Tetap (Siltap) Triwulan (TW) IV tahun 2022. Akibatnya para kades beserta perangkat desa iharus pulang dengan tangan hampa meski telah menunggu sejak siang hari.

Ketua Forum Kepala Desa (FKD) Kabupaten OKU Plando saat di konfirmasi mengungkapkan kekesalannya terhadap pelayanan Bank daerah sumatera Selatan yang menjadi mitra pemerintah ini. Bahkan Plando tak segan menyebut bahwa para kades telah sepakat untuk memindahkan rekening gaji mereka ke pada bank lain jika pelayanan Bank Sumsel ini terus seperti ini.

“Kami kemarin sudah rapat bersama Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) OKU dan kata nya Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) sudah di kirim kepada pihak Bank Sumsel,” ujar plando dengan  nada kesal.

Namun, lanjut plando faktanya ketika para akses beserta perangkat desa amendatnagi bank Sumsel untuk mencairkan Siltap mereka Bank Sumsel Babel Baturaja belum  bisa mencairkan Siltap para kades tersebut dengan alasan yang tak jelas. Padahal BKAD telah mengatakan jika pencairan bisa di lakukan hingga sore hari.

“Alasan nya tak masuk akal. Jam kerja beda dengan pemerintah lah, kemudian dana ditarik kembali oleh BKAD lah, ada juga alasan penghitungan pajak nya belum selesai. Ini alasan macam apa,” keluhnya.

Padahal beber Plando, para Kades beserta perangkat sangat mengharapkan Siltap itu bisa cair hari ini (29/12/2022). Mengingat Siltap itu merupakan hak para kades yang seharusnya sudah di cairkan beberapa hari lalu.

“Ini kan sudah mau libur. Besok hari terakhir bank buka karena Sabtu dan Minggu mereka libur. Jadi terpaksa besok kami kembali lagi ke Bank ini. Itu pun  belum jelas apakah besok pasti cair atau kembali molor. sebab salah satu karyawan bank yang saya telpon mengatakan jika besok (Jum’at ) mereka tak lagi transaksi. Kasihan kepada kades yang rumahnya jauh dari Baturaja, sudah jauh – jauh datang eh malah seperti ini,”bebernya.

Sementara itu Sementara itu, Pemimpin Cabang Bank Sumsel Babel Baturaja, Ramli saat ditemui mengungkapkan alasan lain belum bisa dicairkannya siltap kades tersebut. Menurut Ramli, SPPD dari BKPAD masuk jam 2 siang sementara sistem di BSB setiap jam 3 sore tidak bisa lagi dilakukan transaksi.

” Sebenarnya para kades ini minta dicairkan hari ini tapi saya tidak kasih karena jam operasional kami sudah habis. Jadi mereka kita minta untuk mencairkan besok Jum’at (30/12/2022). Mereka bisa mencairkan di seluruh kantor kas kita,” Ujar Ramli.

Menurut Ramli, pihaknya mengalami kendala dalam pencairan lantaran harus dilakukan secara cash. Menurutnya jika dilakukan transfer bisa dilakukan dengan cepat. ” Kita berharap pembayarannya non tunai bisa dilakukan secara cepat,” pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *