57 Kades Terpilih Dilantik, Ini Pesan PJ Bupati OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Sebanyak 57 Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pilkades serentak tahun 2022 dilantik oleh Penjabat (PJ) Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) H. Teddy Meilwansyah. Pelantikan itu dilaksanakan di gedung kesenian Baturaja OKU, Jumat (16/12/2022).

Dengan telah dilantiknya ke 57 kepala desa itu, para kades terpilih akan menjabat hingga tahun 2028 mendatang. Selain disumpah dan dilantik secara resmi kepala desa mulai bekerja pada hari ini dan untuk kepala desa yang tidak dipilih terhitung hari ini sudah tidak lagi menjabat sebagai kepala desa.

“Sekarang bapak ibu kades sudah milik masyarakat, harus biasa bagi waktu mana untuk keluarga dan masyarat karena kades tidak memiliki jam kerja tidak punya libur karena Sabtu Minggu harus menerima kelu kesah pengaduan masyarat,” ucapnya Teddy

Tedy menambahkan jabatan tersebut merupakan amanah yang harus dijalankan dengan sebaik baiknya. Teddy juga meminta kepada kades terpilih untuk dapat merangkul seluruh masyarakat.

“Semua harus di rangkul mulai hari ini. Ini untuk kebaikan dan kemajuan desa,”tambahnya.

Sementara Untuk kades Bunglai yang meninggal dunia sebelum di Lantik, Teddy mengatakan jabatan kades akan di isi oleh Penjabat (PJ). Hal itu sesuai dengan Permendagri nomor 83 dimana kepala daerah bupati atau kepala daerah menunjuk PNS menjadi PJS kades di desa tersebut sampai Pilkades serentak.

“Namun kita belum tahu kapan, karena informasinya Pilkades serentak akan di laksanakan tahun 2025,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Teddy juga mengingatkan kepada para kades untuk berhati – hati dalam menggunakan dana desa kerena banyak pengawasan.

“Hati – hati menggunakan dana desa karena sudah banyak kades bermasalah. dari hasil laporan rilis KPK ada sebanyak 686 kades yang bermasalah di seluruh Indonesia. Jangan sampai di OKU ada kades bermasalah, untuk itu dipinta kadis PMD untuk ada pendampingan supaya kades di OKU tidak ada masalah,” pungkasnya.(gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *