OKU  

Pelaku UMKM Ikuti Sosialisasi pembuatan label Halal

OKU, Peristiwaterkini.id – Sebanyak 30 produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di desa Battu Winangun kecamatan Lubuk Raja mengikuti sosialisasi pembuatan Label Halal dan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang diadakan di aula kantor desa Kamis (15/12/2022).

Sosialisasi pembuatan NIB dan sertifikat Halal ini bekerjasama dengan BPN Dinas Koperasi UKM dan sertifikat halal dari Halal Center Cendikia Muslim yang ada di kabupaten OKU, Cici Aprilia bersama devi sebagai tim Gatra gugus tugas reforma agraria dari BPN OKU mengatakan sosialisasi membantu pelaku usaha yang ada di desa agar mendapatkan Label Halal.

” Dari BPN kita membantu untuk pembuatan NIB yaitu nomor identitas pelaku usaha sesuai dengan bidang usaha yang diatur dalam Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI), pelaku yang ada di desa masih banyak belum tahu hal ini, untuk itu kita diundang memberikan pengetahuan sekaligus juga pembuatan NIB yang akan langsung di miliki oleh pelaku UMKM,” ucap Cici.

Usaha yang di dominasi oleh kaum ibu – ibu ini mengikuti dengan seksama penjelasan sosialisasi bagaimana agar usaha bisa berkembang dan memiliki label kehalalan, semua UMKM sedesa Battu Winangun akan dibantu memiliki NIB dengan dengan mengikuti prosedur yang ada, jelasnya.

Sementara itu Dani sebagai pendamping produk Halal center cendikia mengatakan Program dari dinas koprasi pembuatan NIB dan kita mendampingi UMKM sebagai pembuatan produk Halal melengkapi produkuk yang sudah mempunyai NIB, setelah terdaftar akan dibantu membuat sertifikat halal.

“proses produk yang akan diberi label halal akan dilihat dari pengolahan produk makanan dari pelaku usaha, seperti pengolahan bahan – bahan yang digunakan, setelah itu akan dibuat laporan dan akan di kirim secara online,” ucap Dani.

Untuk mendapatkan sertifikat halal masih harus melalui proses seperti cara pengolahan makanan akan dikirim ke Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), setelah itu masih ada proses lainnya dalam hal ini kita mendampingi produk tersebut sampai memiliki sertifikat Halal, pungkasnya (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *