BPKH – Unbara Pasca Sarjana Gelar Deseminasi Pengelolaan Keuangan Haji

OKU, Peristiwaterkini.id – Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) bekerja sama dengan Pascasarjana Universitas Baturaja mengadakan kegiatan Deseminasi pengelolaan keuangan haji dengan tema Pengawasan dan Pengelolaan keuangan Haji di Era New Normal Pasca Pandemi covid-19, kegiatan ini diadakan di hotel The Zuri Baturaja Senin (12/12/2022).

Dr. Indra Gunawan, SE., S.I.P., MSC anggota badan pelaksana BPKH Republik Indonesia usai memberikan materi mengatakan kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di wilayah pulau Sumatera setelah melakukan Deseminasi di pulau Jawa sebab jamaah haji terbesar berada di pulau Jawa.

“Untuk pertama kalinya kita lakukan di pulau Sumatera dan langsung di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), kegiatan ini bagian dari deseminasi yaitu memberikan sosialisasi agar umat tahu BPKH menjalankan amanah ini dengan baik, ” ucapnya.

Indra menambahkan dana ini tumbuh dan nanti ada riset dengan kampus civitas akademika supaya nanti ada perbaikan dan jadi  kaukus haji membela dana haji supaya dikelola dengan profesional, dapat diketahui dana haji tidak ada yang langsung ke infrastuktur, yang ada itu untuk kepentingan publik umat dan di jamin oleh pemerintah.

“BPKH akan melakukan MOU dengan UNBARA yang nantinya akan membuat riset untuk mengkritiksi BPKH secara konstruktif sehingga formula infestasi dan sebagainya dapat lebih bagus lagi, iya menyampaikan bahwa BPKH bersifat terbuka jika ada undangan yang ingin menanyakan tentang dana haji dan sebagainya selain di website kami juga bisa langsung bertemu untuk menyampaikan, selain website bisa dilihat di Ig dan Twitter ada juga Facebook bisa di cek bisa dilihat jika ada informasi yang yang hoax,” jelasnya.

Foto Bersama

Sementara itu Ir. Hj Lindawati MZ M.T. rektor Unbara mengatakan dengan datangnya BPKH ini minimal yang datang hari ini dapat pencerahan, ada 9 hoax yang lagi viral tentang dana haji ini dan dapat kita ketahui itu adalah hoax, “kenapa  Unbara sebagai lembaga pendidikan dipilih dalam kegiatan ini karena universitas punya banyak corong – corong untuk menyampaikan ke Masyarat lainnya,” jelasnya.

Dapat diketahui Di universitas sendiri seperti dosen dan mahasiswa bisa menyampaikan juga ketika ada momen – momen, acara ini juga di hadiri oleh dinas terkait MUI, NU, muhamadiyah, dewan masjid yang berhubungan dengan umat.

Sementara itu Dr. Munajat, S.P., M.Si. direktur Pascasarjana unbara mengatakan Dalam rangka deseminasi, informasi yg berkembang khususnya terkait Keuangan dimana seolah-oleh keuangan haji  di gunakan untuk infrastruktur jalan dan dana haji di gunakan untuk bayar utang negara dll.

“Dengan adanya Desiminasi ini, sesungguhnya merupakan kesempatan BPKH untuk sosialisasi pengelolaan dana haji bekerja sama dengan Pascasarjana, disamping itu kedepan Pascasarjana InsyaAllah akan bekerjasama dalam bentuk riset dg BPKH ungkap mantan Rektor UNBARA dua periode ini.

Kalau kita lihat  dari hasil riset sebelumnya pada BPKH  dana haji ini naik, oleh karenanya kegiatan seperti perlu di lanjutkan masif pada daerah dan tempat yg lain sehingga masyarakat teredukasi, dan diharapkan masyarakat makin cerdas tidak ada hoax pungkasnya.(gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *