SUMSEL  

Ragu Insentif Bakal Naik, Yudi : Kenaikan Insentif 100 Persen Sudah Dianggarkan

OKU, Peristiwaterkini.id  – Untuk kali kedua, puluhan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) dalam wilayah Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) OKU. Tujuan para Ketua RT dan RW itu tak lain adalah untuk menanyakan kejelasan realisasi kenaikan Insentif yang telah di janjikan Yudi Purna Nugraha pada pertemuan pertama.

Mereka diterima langsung Ketua Komisi I DPRD OKU, Ledi Patra, di ruang Badan Musyawarah (Banmus) DPRD, Selasa (6/12/22) siang. Tampak turut mendampingi, Wakil Ketua Komisi III, MS Tito, serta tak ketinggalan, sosok solutif (pemberi solusi) yakni Wakil Ketua DPRD OKU, Yudi Purna Nugraha (YPN).

Dalam pertemuan itu terungkap keraguan, apakah usulan kenaikan insentif yang mereka sampaikan ke DPRD beberapa waktu lalu (14/11/22) benar-benar terealisasi atau tidak.

Seperti yang diungkapkan Zulkifli, dari Baturaja Lama yang mewakili RT/ RW dari Kecamatan Baturaja Timur.

Dia memunculkan pertanyaan dan meminta kejelasan soal itu. (Perihal usulan RT/ RW Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat beberapa waktu lalu,red).

“Jadi, walaupun kami telah mendengar kabar tentang itu, tapi kami merasa belum pasti. Makanya kami ingin tanyakan langsung kepada bapak-bapak sekalian. Apakah usulan kami dapat dikabulkan atau bagaimana,” tanya dia.

Senada diutarakan Subeni, perwakilan RT/ RW dari Kecamatan Baturaja Barat.

“Dalam hal ini, kami sama senasib dan sepenanggungan. Tujuannya mohon kejelasan soal kenaikan insentif itu,” timpalnya.

Seandainya disetujui, lanjut dia bertanya, itu berlaku mulai kapan dan sampai kapan.

“Dan kalau bisa, insentif itu nanti dibayar per bulan. Karena yang kami terima selama ini dibayarnya per triwulan. Itu pun agak-agak terlambat dikit,” selorohnya.

YPN selaku Wakil Ketua DPRD OKU, pun menjawab kontan keraguan para RT/ RW, saat diberi kesempatan berbicara oleh Ketua Komisi I.

Pada prinsipnya, ditegaskan YPN, perihal usulan kenaikan insentif RT/ RW ini tidak terjadi permasalahan lagi.

Karena sesungguhnya, usulan itulah yang jadi dasar untuk penambahan anggaran di Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat, selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menaunginya.

“Pada saat pengesahan APBD 2023 baru-baru ini, itu telah diusulkan Komisi I dan disepakati Badan Anggaran (Banggar). Anggarannya tersedia untuk satu tahun penuh. Maka akan direalisasikan mulai tahun 2023. Dari Rp750 menjadi Rp1,5 juta,” beber dia.

Namun memang, diceritakan YPN, bahwa dalam pembahasan APBD waktu itu cukup alot.

Dimana ada sebagian pihak dari Pemkab menyarankan, bahwa jangan sampai kenaikan sebesar itu. Takut jadi beban daerah.

“Akan tetapi, Komisi I tetap komitmen dengan kesepakatan ini. Sehingga permintaan pengurangan kenaikan tersebut pada akhirnya tidak terjadi,” bebernya.

Setelah dianggarkan dalam rencana kegiatan di Kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat, tentu sambung Yudi, ini harus diiringi dengan perubahan Peraturan Bupati (Perbup).

Komisi I dalam hal ini sudah menyampaikan agar Pemkab segera mengubah Perbup. Dari standar Rp750 ribu menjadi Rp1,5 juta.

Nah setelah Perbup direvisi (biasanya di awal tahun), maka para RT/ RW telah berhak menerima gaji yang diusulkan bersama-sama itu.

“Kita tinggal tunggu Perbup. Dan Perbup ini hanya proses administratif. Karena anggarannya telah tersedia dan itupun sebagai dasar pembayaran,” jelasnya.

Kalaupun seandainya Perbup itu lamban direvisi, YPN pun mempersilahkan RT/RW datang lagi ramai-ramai. Supaya cepat selesai.

“Tapi saya yakin, Pemkab mendukung. Karena APBD telah disahkan. Dan tidak ada kendala lagi,” imbuhnya.

Soal permintaan agar insentif ini bisa dibayarkan per bulan, YPN menyampaikan bahwa nanti Komisi I akan mengundang lagi pihak kecamatan.

“Kita selesaikan ini step by step. Setelah kenaikan gaji selesai, Perbup selesai dan bapak-bapak sudah menerima kenaikan itu, nanti kita panggil pihak kecamatan agar bisa dibayar sebulan sekali. Karena memang normalnya gaji itu dibayarkan tiap bulan,” tandasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *