4 Desa di Kecamatan Lubuk Batang Deklarasi SBS

OKU, Peritiwaterkini.id – 4 desa di wilayah kecamatan Lubuk Batang Kabupaten OKU di deklarasi sebagai desa bebas Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) pada usai upacara Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten OKU (1/12/2022). Ke 4 desa tersebut di deklarasi bersama 23 Desa lain sekabupaten OKU yang di bacakan Camat Sinar Peninjauan.

Seperti di ungkapkan kepala UPTD Puskesmas Lubuk Batang Zul Safari, SKM melalui Sanitarian Rini Yanti, SKM. Diaktakan Rini, dari 15 desa di kecamatan Lubuk Batang, ada 4 yang di deklarasi pada HKN tahun 2022.

“Ada 4 desa yakni Desa Kartamulya, Desa Lubuk Batang Lama, Desa Tanjung manggus serta Desa Lunggaian,” ungkap Rini.

Sementara 5 desa lain yakni desa Lubuk Batang Baru, Desa Tanjung Dalam, Desa air Wall, Desa Markisa, serta desa Sumber Bahagia telah lebih dulu di deklarasi SBS. ” 5 Desa ini sudah di tahun sebelumnya antara tahun 2017 – hingga 2019 lalu,” ujar Rini.

Lalu, sambungnya, ada 6 desa di wilayah kecamatan Lubuk Batang yang belum di deklarasi SBS. Hal ini kata dia lantaran belum memenuhi syarat untuk dilakukan deklarasi. Ke 6 desa itu diantaranya Desa Merbau, Desa Banuayu, Desa Kurup, Desa Belatung, Desa Gunung Meraksa serta Desa Bandar Agung.

“Ke 6 desa ini belum deklarasi karena belum memenuhi syarat diantaranya belum 100% buang air besar sembarangan. Lalu ad aoyla yang jamban nya masih terkategori kurang sehat,” sambungnya.

Rini menambahkan di tahun 2023 Dinas kesehatan melalui UPTD puskesmas Lubuk Batang akan kembali melakukan sosialisasi agar ke 6 desa tersebut dapat di deklarasi seperti desa lain.

“Karena ini program Kemenkes, kita akan terus mendorong Desa untuk melakukan inovasi dalam mensukseskan program SBS ini. Insya Allah tahun depan kita verivikasi ulang Desa yang belum deklarasi ini. Sebab untuk bisa terdeklarasi, ada syarat yang harus terpenuhi,” pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *