OKU, SUMSEL  

Dinas PU Perkim Akan Bedah 50 Unit Rumah Ditahun 2023

kepala dinas PU Perkim Ir. H.Ulia Mahdi

OKU, Peristiwaterkini.id – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PU Perkim) Kabupaten OKU Ir. H. Ulia Mahdi memastikan program bedah Rumah di tahun 2023 akan kembali di laksanakan. Hal itu di ungkapkan nya saat mendampingi PJ Bupati OKU menghadiri penyalaan listrik masuk desa Di Desa Leseman Kecamatan Semidang aji pada Selasa (22/11/2022).

Menurut Ulia, ditahun 2023 mendatang pihaknya akan merenovasi sebanyak 50 rumah di kabupaten OKU yang masuk dalam kategori rumah tak layak huni.

“Insya Allah kita akan lanjutkan kembali program bedah rumah di tahun 2023. Dari rencana ada 50 rumah yang akan di bedah,” ujar Ujian Mahdi.

Terkait wilayah mana saja rumah yang akan di bedah, Ulia tak memberi jawaban pasti. Namun kata dia, di kawasan dusun VI desa Seleman juga termasuk dalam sasaran bedah rumah itu.

“Yang pasti menyebar di kabupaten OKU, termasuk di Dusun VI ini juga akan ada bedah rumah,” ucap nya.

Dari jumlah itu, lanjut Ulia, masing – masing rumah akan dianggarkan sebesar 20 juta rupiah untuk renovasi rumah. Jumlah ini sedikit berbeda jika di banding kan dengan bedah rumah ditahun 2022 ini.

“Ya memang sedikit berbeda jumlah nya. Di tahun 2022 ini untuk 1 rumah anggaran nya 17,5 juta Rupiah nah di tahun 2023 mendatang angka nya meningkat menjadi 20 juta, hak ini disebabkan oleh naiknya harga material bahan bangunan serta upah tukang,” lanjutnya.

Masih kata Ulia, di tahun 2022 ini pihaknya telah menyelesaikan sebanyak 105 unit rumah
yang tidak layak huni menjadi layak huni di wilayah Kabupaten OKU. Dirinya juga menjelaskan jika ingin mendapat program bedah rumah ada persyaratan yang harus di penuhi oleh warga.

“Tahun ini program nya sudah habis. Kita telah menyelesaikan sebanyak 105 unit rumah. Nah jika ingin mendaftar silahkan menyiapkan data – data seperti surat tanah hak milik, gambar foto rumah, selanjutya di berikan ke Rt Rw atau kelurahan untuk di ajukan ke dinas PU Perkim. Nanti tim kita akan turun kelapangan untuk melakukan survei mengenai kayak atau tidak nya rumah tersebut untuk di bedah,” pungkasnya (Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *