BRI Salurkan Kartu Tani Kepada Petani

OKU, Peristiwaterkini.id – Sebanyak 42 kartu tani hari ini di bagikan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani di desa Lekis Rejo kecamatan Lubuk Raja. Kartu tersebut dibagikan ke petani di rumah ketua kelompok karya tani oleh pihak Bank BRI yang telah di tunjuk oleh pemerintah sebagai penyaluran pupuk bersubsidi oleh pemerintah pusat, Selasa (22/11/2022).

Kepala penyuluh pertanian kecamatan Lubuk Raja dan Baturaja Timur Suratno Sp saat di temui mengatakan Penyaluran Kartu tani untuk tahun 2023 sudah mulai di salurkan ke petani melalui kelompok tani yang ada di beberapa wilayah, saat ini kartu tani yang di bagikan diperuntukan untuk petani pangan yang menanam padi, jagung dan kacang.

“Kartu tani untuk pembelian pupuk bersubsidi mulai di bagikan ke petani, pembagian dimulai dari kecamatan lubuk raja, setelah itu di beberapa wilayah kecamatan Baturaja Timur, ” ucapnya.

Untuk Lubuk Raja tambahnya, sebanyak 233 kartu tani yang di bagikan di 4 desa yaitu desa Batumarta I, Battu Winangun, MartaJaya dan Desa Lekis Rejo, sedangkan kecamatan Baturaja Timur ada 6 kelurahan yang mendapatkan kartu Tani.

“Kecamatan Baturaja Timur cukup banyak luasan daerahnya dan petaninya, jumlah kartu tani yang di bagikan di kecamatan tersebut yaitu sebanyak 715 kartu untuk 6 kelurahan yakni kelurahan sepancar, kemelak bindung langit, Tanjung baru, Sukajadi, Sekarjaya dan Baturaja permai,” jelasnya.

Jumlah pupuk subsidi yang dapat di beli dengan kartu tani sesuai dengan luas wilayah yang dimiliki oleh masing – masing masing petani, maksimal 2 Hektar luas lahan pertaniannya untuk mendapatkan kartu tani dengan mendapatkan pupuk bersubsidi berupa pupuk urea dan pupuk NPK, dalam Satu hektar mendapatkan pupuk urea 200 kg, NPK 300kg perhektar.

Pembagian kartu tani ditargetkan sampai ke seluruh petani yang ada di kabupaten OKU selesai pada lahir November 2022 tahun ini, yang diharapkan kartu tani bisa di gunakan oleh seluruh petani pada tahun depan saat pencairan di umumkan dan bisa membeli pupuk bersubsidi di kios pengecer yang telah di tunjuk oleh distributor pupuk,(gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *