24 Tahun Dalam Kegelapan, Dusun VI Desa Seleman Kini Terang Benderang

PJ Bupati OKU H.Teddy Meilwansyah mengaktifkan KWH meteran Listrik secara simbolis sebagai tanda telah amsuknya aliram listrik di dusun VI desa Seleman

OKU, Peristiwaterkini.id – Sejak tahun 1997 silam, sebanyak 50 kepala keluarga yang berada di Talang IV dusun VI desa Seleman Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU tak pernah merasakan terangya cahaya listrik negara. Perkampungan yang berada sekitar 6 km dari desa induk itu hanya bisa mengandalkan lampu teplok sebagai bahan penerangan di rumah – rumah warga.

Barulah semenjak tahun 2019 pemerintah desa Seleman berupaya menciptakan penerangan menggunakan dana desa dengan membeli genset.

Hal ini di ungkapkan kepala desa Seleman M.Rafiq saat menyampaikan sambutan dihadapan Pj bupati OKU dalam rangka peresmian penyalaan listrik masuk desa pada Selasa (22/11/2022). Diceritakan M.Rafiq terbentuk nya dusun VI tersebut terbentuk pada tahun 1997 silam.

“Awalnya disini warga membuka kebun dan akhirnya membuka pemukiman juga. Seiring berjalan nya waktu pemukiman bertambah banyak hingga saat ini telah mencapai 50 kepala Keluarga,” ujar M.Rafiq.

Bahkan M Rafiq pesimis jika Dusun VI itu bisa menikmati alitlrna listrik negara. Pasalnya pengajuan Pihkanya hingga tahun 2091 baru hingga tepasnag tiang listrik saja.

“Saya sampai tak enak dengan masyarakat, bahkan ada rasa saya ini omong besar. Nyatanya listrik hingga tahun 2019 tak masuk juga,” bebernya.

Namun kergun itu sirna tatkala PJ Bupati IKU bersama PLN Baturaja mengunjungi dusun tersebut untuk meresmikan dan melounching penyalaan listrik di daerah tersebut.

“Kami sangat berterima kasih sekali kepada PLN Baturaja dan kepada aoemerintha Kabupaten OKU. Saya ini listrik sudah masuk ke dusun VI ini. Saya yakin kedepan dengan telah masuk nya listrik pembangunan di daerah ini akan bertambah,” kata M.Rafiq.

Sementara itu, Manager kepunahan dan umum UID S2JB UP3 lahat Wahyu Ismardianto mengatakan penyalaan listrik itu selama rangka peringatan Hari Listrik Nasional (HLN) ke 77. Dimana menurut Wahyu listrik saat ini merupakan kebutuhan dasar masyarakat. Tanpa listrik tak banyak yang dapat diperbuat masyarakat khususnya dalam pengembangan usaha.

“Jadi kami membangun dengan dana investasi senilai 1,5 milyar dengan panjang 3,7 km Engan 1 travo. Tujuan nya adalah untuk mensejahterakan masyarakat di desa ini,” ujar Wahyu.

Pada kesempatan yang sama PJ Buaoti OKU H.Teddy Meilwansyah menjelaskan ada 2 wilayah yang akan di resmikan penyalaan listrik masuk desa yakni desa Seleman Kecamatan Semidang Aji dan desa Negri Sindang Kecamatan Sosoh Buat Rayap.

“Namun hari ini di desa Seleman dulu. Jumlahnya ada 34 rumah yang telah memenuhi kriteria. Semoga dengan telah masuk nya listrik ke dusun VI ini dapat menekan angka kriminalitas di wilayah ini serta dapat meningkatkan pembangunan serta menggerakkan perekonomian masyarakat,” jelas Teddy Meilwansyah.

Teddy juga meminta kepada amsyaraakt sekitar untuk menjaga peralatan Listrik yang telah di pasang tersebut. Sebab selluruhnya itu adalah milik negara dan untuk kepentingan orang banyak .

“Jadi tolong di jaga listrik ini. Jika ada pohon yang mengganggu ya tolong di pangkas agar tidak menyebabkan kerusakan pada kabel listrik nya,” pungkas Teddy.

Selain Teddy Meilwansyah dari pantauan portal ini, acara itu turut di hadiri Manager keuangan dan umum PLN lahat Wahyu Ismardianto, manager ULP PLN Baturaja Iswandi, Camat Semidang Aji Emharis, Kapolsek Semidang aji, Iptu Wahyudin, serta para undangan.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *