Kambing dan domba mulai di vaksin PMK

Petugas vaksin PMK sedang memberikan vaksin kepada hewan ternak di kecamatan lubuk raja

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah provinsi Sumatra Selatan telah mendistribusikan sebanyak 5000 vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kab OKU beberapa hari yang lalu, guna menangani penularan dan penyebaran virus PMK kepada ternak kambing di beberapa daerah.

Salah satunya di kecamatan Lubuk Raja tim vaksin langsung menyebar ke beberapa desa yang sudah di prioritaskan oleh dinas perikanan dan peternakan OKU, Kasi Keswan dinas perikanan dan peternakan Hendri Afrizal mengatakan vaksin PMK sudah dilaksankan untuk sapi dan kerbau sebanyak 1500 ekor, saat ini kita prioritaskan kambing sudah mulai sejak hari Senin yang lalu (14/11), Rabu (16/11/2022).

“Vaksin PMK yang baru saja kali ini akan untuk kambing dan domba, beberapa hari ini kita akan prioritaskan di kecamatan Lubuk raja, sinar peninjauan dan lubuk batang dalam kota. Hari ini kita terjunkan 5 tim untuk kecamatan lubuk raja yaitu 3 tim di desa Battu Winangun dan 2 tim di desa Batumarta I satu tim terdiri dari 4 orang,” ucapnya.

Iya menambahkan, untuk Kecamatan Lubuk Raja paling banyak Peternak kambing untuk itu kita siapkan sebanyak 3000 vaksin, sedangkan Sinar Peninjauan 1000 vaksin dan Lubuk Batang dalam kota sebanyak 1000 vaksin, sampai saat ini belum ada yang terkena PMK, untuk itu kita langsung antisipasi.

” Setiap yang mempunyai kambing atau peternak kambing kita langsung berikan vaksin PMK secara gratis , namun dengan izin pemiliknya terlebih dahulu jika tidak ada kita tidak bisa memberikan vaksin tanpa seizin pemiliknya, ” jelasnya.

Untuk saat ini kita masih memberikan vaksin PMK dan mendata hewan yang kaan di berikan vaksin , dari sini kita bisa tahu ada berapa jumlah hewan yang terkena PMK atau tidak, pungkasnya, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *