Meski Rajin Sosialisasi, Vaksin Booster Minim Peminat

OKU, Peristiwaterkini.id – Minat Vaksinasi covid-19 warga Kecamatan Lubuk Raja berkurang, tidak seperti vaksinasi tahap pertama yang membuat warga ramai mendatangi puskesmas untuk segera mendapatkan vaksin yang sudah di programkan oleh pemerintah.

Tahap pertama vaksinasi di daerah ini mencapai hampir mendekati 100 peren dari jumlah penduduk yaitu sebesar 92,18 persen yang ada di kecamatan tersebut. Namun untuk tahap ke dua atau dosis ke 2 pemberian vaksin ke masyarakat hanya mencapai 60,32 persen. Dari data itu sudah menunjukkan adanya penurunan minat masyarakat untuk mendapatkan vaksin.

Kepala puskesmas Batumarta II Lubuk Raja Dr Dwi Fenty Atri melalui Wulandari Amd Kep bagian imunisasi mengakui bahwa saat ini minat masyarakat untuk mendapatkan vaksin sudah berkurang. Rata – rata masyarakat yang mau di vaksin hanyalah yang memiliki kepentingan atau olkeperluan khusus saja.

“Masyarakat yang membutuhkan vaksin hanya untuk bepergian saja terutama keluar kota padahal pemberian vaksin ini di wajibkan oleh pemerintah,” ucapnya Rabu (9/11/2022).

Dirinya juga menjelaskan Saat ini pemberian vaksinasi sudah sampai pemberian vaksin tahap 3 atau yang biasa di sebut vaksin boster. Dari data yang di miliki sampai bulan Oktober ini, pemberian vaksin baru mencapai 10 persen saja. Persentasi itu jauh menurun dari jumlah yang di harapkan. Sementara sasaran penduduk di kecamatan ini mencapai 22882 orang.

“Dengan jumlah tersebut sedikit sekali minat masyarakat yang mau diberikan vaksin, anggapan masyarakat jika sudah diberikan vaksin tahap 1 atau 2 sudah merasa aman dari virus padahal pemerintah sudah mewajibkan untuk pemberian vaksin boster ini,” jelasnya.

Sampai saat ini pihak puskesmas di bantu seluruh pemerintah desa yang ada di kecamatan masih terus berupaya mensosialisasikan jadwal pemberian vaksinasin ke masyarakat baik menggunakan metode langsung ataupun melalui media sosialisasi yang dapat dengan mudah di akses masyarakat. (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *