Dinyatakan P21, Berkas Perkara Ganja 7 kg Dilimpahkan ke Kejari OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten OKU Rabu petang (9/11/2022) menerima pelimpahan tahap II berkas perkara Penyalahgunaan narkotika jenis ganja dengan tersangka AD (17) yang di tangkap Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) OKU Timur pada 25 Oktober 2022 lalu. Penyerahan berkas perkara itu setelah penyidik BNNK OKU Timur menyatakan berkas perkara tersebut lengkap.

Hal itu dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri OKU Asnath Anytha Idatua Hutagalung, SH. MH melaui  Kasi Pidum Erik Eko Bagus Mudigdo, SH saat di bincangi diruang kerjanya. Kepada portal ini dirinya membenarkan jika pihaknya telah menerima pelimpahan berkas perkara tersebut.

“Benar, hari ini kita telah menerima pelimpahan berkas perkara tahap II penyalahgunaan narkotika oleh penyidik BNNK OKU Timur. Hari ini agendanya penyerahan berkas perkara, tersangka dan barang bukti,” ujar Erik.

Kasi Pidum menjelaskan berkas perkara Penyalahgunaan narkotika tersebut ditangani oleh kejaksaan negeri OKU lantaran tersangka di tangkap di wilayah hukum kejaksaan negeri OKU. Walaupun yang menangkap nya BNNK OKU Timur.

“Karena wilayah penangkapan nya dan tersangka nya juga orang OKU, maka di limpahkan ke kita (Kejari OKU). Kita punya waktu 5 hari untuk memproses perkara ini, setelahnya akan kita ajukan kepengadilan negeri Baturaja,” Jelasnya.

Secara rinci Erik Eko Bagus Mudigdo memaparkan pihaknya akan menerapkan pasal 114 ayat (2) Undang – Undang nomor 35 tahun 2009 tentang penyalahgunaan narkotika atau pasal 111 ayat (2) Undang – undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika juncto Undang – Undang nomor  11 tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA). Hal itu kata dia sesuai dengan apa yang di limpahkan oleh tim penyidik BNNK OKUTimur.

“Terkait ancaman hukumannya jika melihat dari pasal 114 ayat (2), minimal 6 tahun penjara  paling lama 20 tahun sampai dengan pidana penjara seumur hidup. Namun karena ini anak – Anak berdasarkan Undang – Undang SPPA, maka ancamannya setengah dari hukuman orang dewasa,” papar kasi Pidum lagi.

Lebih jauh Erik mengatakan saat ini tersangka di tahan di Rumah Tahanan (Rutan) kelas IIB Baturaja. Sementara untuk barang bukti yang di terima Kejaksaan Negeri OKU adalah sebanyak 153,77 gram.

“Kalau barang bukti yang didapat oleh BNNK adalah sebanyak 8 kantong berisi narkotika jenis ganja dengan berat total 6,540 kg. Namun yang di kirim kekita adalah 153,77 gram. Sisanya sudah dimusnahkan di BNNK OKU Timur. Untuk tersangka nya sendiri kita tahan di Rutan Kelas IIB Baturaja sampai dengan masa persidangan,” pungkas Kasi Pidum.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *