Pemkab – Polres OKU Tandatangani naskah NPHD

PJ bupati OKU H.Teddy Meilwansyah dan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo saat menunjukkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah yang telah di tandatangani

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Kabupaten OKU bersama Polres OKU Selasa (7/11/2022) siang melaksanakan Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah ( NPHD) Etle antara Pemkab OKU dan Polres OKU. Selain PJ bupati OKU H.Teddy Meilwansyah dan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo Acara  Itu turut dihadiri Wakapolres OKU Kompol Farida Aprillah, Asisten II Setda OKU Delly Octavian, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten OKU Firmansyah, ST, serta Para pejabat Utama Polres OKU.

Pada kesempatan itu Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo mengatakan pemasangan  Etle bertujuan untuk mengurangi terjadinya interaksi antara petugas kepolisian yang bertemu dengan para pelanggar. Oleh karenanya upaya yang dilakukan Polri mengadakan teknologi dengan memasang alat Etle.

“Kita harapkan dengan adanya Etle ini masyarakat bisa sadar dan semakin disiplin dalam berlalu lintas,” ujar AKBP Dmau Agus Purnomo.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi kepada pemerintah daerah Kabupaten OKU dan DPRD OKU untuk kedepan nya bisa menambahkan lagi Etle tersebut.

“Kita udah mendapat  komitmen dari PJ bupati OKU di tahun depan akan di tambah lagi pemasangan 2 titik diwilayah kab OKU. Namun Untuk titiknya masih di diskusikan  bersama satuan lalu lintas dan dinas perhubungan. Tentunya  kita akan cek lokasi yang memiliki potensi tinggi terjadinya  pelanggaran,” Lanjutnya

Dikonfirmasi mengenai sistem server nya, Kapolres mengatakan bahwa setelah di pasang, nantinya servernya tidak lagi terkonect ke Polda.

“Untuk server kita sudah mandiri. Dengan adanya NPHD ini nanti kita akan laporkan ke Polda. Lalu kita sudah sediakan front office dan  back office, Disitu nanti akan di instalasi. Prediksi kita di akhir tahun 2022 atau awal tahun 2203 Etle sudah bisa dioperasikan di kabupaten OKU,” tutup Kapolres.

Sementara itu PJ Bupati OKU H.Teddy Meilwansyha saat dikonfirmasi mengungkapkan pemerintah daerah Kabupaten OKU akan terus berupaya untuk mewujudkan terpasangnya Etle dengan jumlah yang cukup banyak di Kabupaten OKU. Namun untuk sementara ini akan di pasang 2 unit Etle terlebih dahulu.

” Memang semakin banyak Etle akan semakin baik, namun kita masih ada keterbatasan anggaran. Paling tidak untuk saat ini kita pasang dahulu di kecamatan Baturaja Timur dan Baturaja Barat. Untuk tahun depan kita upayakan menjadi 3 titik,” ucap H.Teddy meilwansyah.

Teddy menyebut biaya yang di anggarkan pemerintah kabupaten OKU untuk menyedikan Etle terbilang cukup besar. Dari 2 unit Etle yang sudah ada, Pemkab harus menganggarkan senilai 1,8 milyar.

“Untuk 2netle itu kita sudah anggarkan 1,8 milyar. Memang cukup mahal. Namun demi memberi rasa aman dan nyaman serta meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas ini kita lakukan. Insya Allah di tahun depan kita tambah lagi Etle nya,” pungkas Teddy.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *