Cegah Hal Tak Diinginkan, Disdik OKU Minta Sekolah Lakukan Razia

PLT Kepela Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Alfarizi, SE.Ak

OKU, Peristiwaterkini.id – PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Alfarizi, S.E, Ak Dalam waktu dekat akan meminta para kepala sekolah untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) disetiap sekolah (SD -SMP) di wilayah Kabupaten OKU. Hal itu guna memastikan dunia pendidikan di OKU terbebas dari permasalahan nah bisa membawa dampak buruk bagi siswa serta nama baik sekolah.

Hal itu di sampaikan Alfarizi saat di bincangi di ruang kerjanya Senin (31/12022). Dikatakan Alfarizi di era digitalisasi seperti sekarang ini bukan mustahil siswa melakukan hal di luar batasan yang bisa berdampak buruk.

“Seperti kita tahu baru – baru ini ada ganja 7 kg yang di amankan BNN. Nah, ini masalah serius dan tidak bisa kita sepelekan. Ada apa dengan Dunia pendidikan OKU, makanya kita harus melakukan razia rutin agar hal serupa tak terjadi,” kata Alfarizi.

Bentuk razia di maksud jelas Alfarizi, akan di lakukan penggeledahan terhadap tas serta batang bawaan siswa. Bahkan para guru juga wajib memeriksa HP siswa untuk memastikan tak ada aplikasi – aplikasi tak pantas yang di gunakan siswa.

“Kita wajib tahu apa saja barang bawaan siswa, termasuk HP nya. Mungkin saja ada percakapan yang mencurigakan atau siswa yang menggunakan konten yang belum layak di lakukan atau mereka tonton seperti pornografi misalnya. Hal ini bentuk pencegahan dini bagi kita agar tak ada kejadian serupa,”jelas PLT Kadisdik OKU.

PLT Kadisdik OKU juga meminta kepada para orang tua siswa untuk aktif mangawasi anaknya. Sebab waktu anak lebih banyak di rumah dari pada di sekolah.

“Jadi pengawasan anak – anak bukan hanya tanggung jawab dinas pendidikan saja, tapi juga tanggung jawab bersama. Baik guru, orang tua, bahkan Aparat penegak hukum,” timpalnya.

Sebab, tambah Alfarizi, kemungkinan siswa SD atau pun SMP yang melakukan perbuatan semacam itu ada. Saat ini narkoba bukan hanya merambah orang dewasa dan di perkotaan saja. Namun telah menyebar hingga kepelosok desa dan meracuni anak – anak.

“Oleh sebab itu, peran serta masyarakat sangat di perlukan dalam mengawasi anak – anak. Karena faktor lingkungan juga berpengaruh besar terhadap pembentukan karakteristik serta mental anak – anak,” pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *