TPAKD Sumsel Roadshow Literasi Dan Inklusi Keuangan Untuk Pelaku UMKM dan Pelajar di OKU

OKU, Peristiwaterkini id –Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Sumatera Selatan melakukan roadshow Peningkatan Literasi Keuangan dan Optimalisasi produk dan layanan keuangan kepada pelaku UMKM dan Pelajar di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Rabu (26/10/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Pendopo rumah Kabupaten OKU ini mensosialisasikan Kredit Usaha rakyat (KUR) bagi pelaku UMKM Serta Optimalitas program satu rekening satu pelajar  (KEJAR) bagi pelajar di Kabupaten OKU.

Kegiatan itu dihadiri oleh PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd, PJ.Ketua TP PKK OKU Hj.Zwesti Karenia Teddy, Kadinsos Sumsel Mirwansyah, Kepala Biro Perekonomian setda Prov. Sumsel.H.Afrian Joni. Korwil ICSB  HJ.Samantha Herman. Kepala Bagian Kemitraan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumsel  Andes Novytasari. Kepala Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumsel (Perwakilan di Baturaja ) Prapti, ketua DPRD OKU H Marjito Bachri, para pelaku UMKM dan Pelajar di OKU serta tamu undangan lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi dan terima kasih atas kesiapan Pemkab OKU untuk mensukseskan Roadshow Literasi dan Inklusi Keuangan, Optimalisasi Akses Keuangan Kepada UMKM dan Pelajar oleh TPAKD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022,” Kata Kepala Biro Perekonomian setda Prov. Sumsel. Sekaligus coordinator TPAKD Sumsel H.Afrian Joni.

Dikatakan Joni,TPAKD yang bersama stakeholders dan opd terkait, memiliki misi utama adalah  menyediakan media saluran yang akan mengoptimalkan koordinasi antar lembaga pemerintahan serta pemangku kepentingan lainnya guna membuka akses kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses sektor jasa keuangan yang seluas-luasnya dalam rangka akselerasi pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Melalui literasi dan inklusi keuangan, tentunya akan memberikan  manfaat dalam hal penguatan ekonomi mikro dan meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi dengan cara pemberdayaan potensi usaha ekonomi produktif, Kehadiran TPAKD ini  dapat terus berperan meningkatkan kesamaan hak dalam akses keuangan  bagi masyarakat,” Tandasnya.

Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah selaku ketua TIM TPAKD OKU mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong penguatan Fungsi TPAKD dalam mendukung sepenuhnya kebijakan pemerintah dalam mengefektifkan kelancaran akses dan distribusi keuangan daerah agar semua program pembangunan yang bersifat pemberdayaan potensi perekonomian di tingkat daerah berjalan stabil dan terus berkembang.

Selain itu, juga untuk mendorong pengembangan dan pemberdayaan potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kabupaten OKU dengan penguatan sektor-sektor ekonomi produktif, termasuk memberdayakan potensi para pelajar dalam membantu sirkulasi keuangan melalui program Gemar menabung. “kegiatan roadshow TPAKD Provinsi Sumsel ini akan menghasilkan sesuatu yang sangat bermanfaat bagi optimalisasi program kerja pemerintah daerah dan bagi pemberdayaan ekonomi masyarakat secara luas,” tandasnya

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan secara simbolis bantuan permodalan melalui sebesar 387 Juta rupiah berupa barang, sembako, mesin jahit, penggorengan dan lain lain kepada 90 orang pelaku UMKM,  Pembagian KUR kepada pelaku UMKM serta penyerahan buku tabungan kepada pelajar. “Dinas Sosial Provinsi Sumsel memberikan bantuan  UMKM ekonomi untuk masyarakat miskin kepada 90 KK berupa 378 uta rupiah bentuk barang untuk UMKM

Dan Bank Himbara memberikan bantuan Usaha  berupa program Kredit Usaha Rakyat ( KUR ),” kata kepala Dinsos provinsi Sumsel Mirwansyah

Sementara itu Korwil ICSB  sekaligus Ketua Pembina UMKM Provinsi Sumsel HJ.Samantha Herman Deru dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan rasa hormat atas kerja keras TPAKD Provinsi sumsel untuk memotivasi TPAKD Kabupaten OKU agar semakin semangat menghasilkan kerja nyata yang bersifat mendongkrak tingginya akses keuangan daerah bagi masyarakat luas. (Lee)q

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *