Peringatan HUT SMAN 2 OKU, Diisi Pameran Hasil Karya

Pemotongan tumpeng oleh Agus Sudiana kepala sekolah SMAN 2 OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke- 41, SMAN 2 OKU melaksanakan berbagai perlombaan dan kegiatan. Kegiatan ditahun ini dikemas dengan menggabungkan acara pameran hasil karya dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Kepala sekolah SMAN 2 OKU Agus Sudiana S.Pd. MM mengatakan bahwa ada 3 tema IKM yang diambil selama di kelas X yakni Suara Demokrasi, Kearifan Lokal, Gaya Hidup Berkelanjutan. Seluruh tema tersebut dituangkan dalam acara HUT SMAN 2 OKU yang digelar pada hari ini Rabu (26/10/2022).

“Tema IKM ini sudah dikemas oleh guru – gurunya dalam berbagai kegiatan dan produk, dan ini termasuk aksi nyata anak. Seperti suara demokrasi aksi nyata anak itu dilakukan pada saat meliput proses pemilihan ketua OSIS, regulasi, tata cara proses pemilihan, anak kelas X mengamati setelah itu menuangkan dalam sebuah produk seperti video, laporan, dan kegiatan pemilihan osis,” jelasnya.

 Nah untuk tema ke arifan lokal dengan melakukan observasi dimana siswa SMAN 2 OKU melaksanakan kunjungan ke gua putri dan gua harimau. Jadi ada 2 subjet yang bisa di rangkum siswa yaitu dari legenda dan satu lagi dari sudut padang antropoligi budaya yaitu gua harimau. Dari situ anak dapat pembelajaran budaya lokal, rekreasi, dan mengeksplorasi kekayaan serta mengenalkan objek ke luar sehingga memiliki kebanggan dan kekayaan budaya yang ada di OKU.

” Masing – masing siswa menuangkan hasil karya mereka seperti film pendek, film dokumentar seluk beluk gua harimau, mengekspresi dalam bentuk koreografi, dan ada yang menggambarkan 3 dimensi reflika yaitu diorama,” lanjutnya.

Foto: Gunawan peristiwa terkini, Budi ketua MKKS bersama kepala sekolah SMAN 2 OKU Agus Sudiana melihat hasil karya siswa

Nah untuk tema ketiga Agus mengatakan  bahwa mengambil tema gaya hidup berkelanjutan di wujudkan dalam pola hidup sehat dan ramah lingkungan, bersahabat dengan alam sehingga menjadikan tempat belajar ini sebagai sumber belajar. Seperti menata tanaman, nafas kita sebagai sekolah adiwiyata cinta kepada lingkungan dalam menjadikan lingkungan itu sebagai  tempat kita belajar. Nah untuk Kelas XI dan XII menunjukan kreativitas membuat makanan dan minuman dan bahan materi  pendidikan kewirausahaan.

“Dalam HUT SMAN 2 OKU selain tamu undangan kita juga mengundang orang tua murid untuk datang dan melihat bazar, selain memenuhi undangan mereka juga ikut berbelanja hasil karya anak – anak. Jadi anak – anak kelas membikin kuliner dengan bahan pokok ubi yang ada dibazar. Dimana makanan olahan berbahan kearifan lokal, bagaimana ubi di jadikan berbagai olahan makanan. Nah disinilah dasar pemikiran bagaimana dunia kekinian mengurangi belanja secara tunai, beli dengan pesan melalui online. karena lingkaran terbatas dan mengadopsi dalam bentuk permainan jadi kita nyetak voucher dengan nominal dari 2K, 3K,  5K dan 10. Jadi yang ingin belanja bisa terlebih dahulu menukar uang asli dengan voucher dan voucher itu tadi mereka bisa menggunakan untuk belanja. Dan jika voucher masih habis bisa kembali ditukarkan ke panitia atau bisa juga infak ke mushola. Disini lah kita juga melatih kejujuran, bertransaksi dengan benar, tanggung jawab orang yang ditunjuk,” jelasnya.

Sementara itu ketua MKKS SMA negeri kabupaten OKU Budi Taryono SPd MM mengungkapkan bahwa sesuai dengan apa yang dilakukan siswa siswi tersebut sudah sesuai dengan IKM. “Jadi tadi saya amati anak – anak di latih berwirausaha, karena ada makanan khas daerah. Dengan harapan bukan masalah dia itu nanti dapat duit nya berapa, tapi menumbuhkan bagaimana mental dia untuk berwirausaha” jelasnya.

 Kedepannya lanjut Budi anak – anak setelah tamat SMA diharapkan mampu untuk berwirausaha. Kegiatan HUT 41 SMAN 2 OKU ini dikemas dalam suatu wadah yaitu pentas seni untuk kegiatan profil pelajar pancasila nya dan untuk ulang tahun di kemas menjadi satu.

Budi menjelaskan bahwa untuk di SMA yang ada di kabupaten OKU ini baru ada 5. “SMA yang ada di OKU ini yang menerapkan IKM ada 3 level yaitu mandiri belajar, mandiri berubah dan mandiri berbagi. Untuk mandiri berubah itu ada 5 sekolah di OKU yaitu SMAN 2 OKU, SMAN 3 OKU, SMAN 4 OKU, SMAN 7 OKU dan SMA Yadika Baturaja. Untuk yang lainya masih level mandiri belajar yaitu mirip – mirip dengan K13. Dan mandiri berbagi ini hanya ada satu baru SMAN 13 OKU karena dia lolos sekolah penggerak. Jadi harapannya anak – anak bebas berkarya, dan orang tua juga ikut mensuport,” ungkap Budi.(gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *