Terkait Himbauan Kemenkes RI, Dinkes OKU Lakukan Sidak

sidak yang dilakukan tim gabungan ke berbagai apotek

OKU, Peristiwaterkini.id – Dinas Kesehatan kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) bersama Polres OKU melakukan sidak kesejumlah rumah sakit (Fasyankes), Apotek dan Mall yang menjual obat-obatan, Senin (24/10/2022).

Sidak ini dilakukan untuk memantau peredaran beberapa obat jenis Syrup yang telah ditarik oleh BPOM. “Hari ini kita melakukan sidak, sesuai anjuran Menteri Kesehatan perihal ada beberapa obat cair yang harus ditarik dari pasaran,” kata Plt Kepala Dinas Kesehatan OKU Rozali S.Km MM disela-sela kegiatan sidak.

Dikatakan Rozali, sasaran sidak ini meliputi Apotek, rumah sakit dan Hypermart. Sidak ini lebih kepada himbauan agar obat cair atau syrup yang termasuk dalam rilis BPOM untuk tidak diedarkan.

“Untuk himbauan masyarakat sudah lebih cerdas dan sudah tahu perihal obat cair atau syrup yang masuk dalam rilis BPOM agar tidak digunakan atau dikomsumsi,” ujarnya.

Sejauh ini lanjut Rojali di OKU masih termasuk aman. Dari pantauan sidam rata -tata para apotek sudah menuruti himbauan yang di edarkan.

“Sejauh ini hasil sidak aman, tadi ada di salah satu mall kita temukan, tapi memang tidak diedarkan lagi karena memang sudah mereka tarik dan disimpan, jadi sejauh ini aman,” tandasnya. (Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *