Ini 5 Jenis Obat Yang Dilarang Beredar

OKU, Persitiwaterkini.id – Setelah menerima surat edaran dari Kementrian kesehatan bahwa beberapa obat harus ditarik dari pasaran yang diduga menjadi pemicu penyakit ginjal akut misterius pada anak. Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu langsung bergerak di beberapa tempat rumah sakit dan toko penyedia obat untuk memastikan obat tersebut tidak lagi di pasarkan.

Plt kepala dinakes OKU Rozali SKM M.M saat ditemui Selasa (25/10/2022) mengatakan, dalam sidak ke beberapa tempat baik itu rumah sakit dan apotik yang ada, tidak di temukan obat yang beredar. Dikatakannya terdapat 5 jenis obat yang di larang oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Semua obat yang dilarang tidak ditemukan, adapun ditemukan di pusat belanja hipermar dan mini market, namun semuanya sudah dimasukkan ke dalam kardus yang sudah diretur oleh pengelola toko, Ada 5 jenis obat sirup yang tidak boleh lagi beredar sesuai dengan surat edaran Kemenkes,  jenis obat tersebut seluruh nya berbentuk sirup,” ucap Rozali.

Kelima jenis obat sirup itu yang dilarang dan tidak boleh lagi beredar, Termorex sirop (obat demam), Flurin DMP sirop (obat batuk dan flu), Unibebi Cough sirop (obat batuk dan flu), Unibebi Demam sirop, dan Unibebi Demam Drops (obat demam).

“Langkah selanjutnya kita sudah berkordinasi dengan dinas terkait untuk tidak menyebar luaskan obat yang di larang, surat edaran yang ditandatangi Bupati untuk obat tersebut di stop dari pasaran dan sudah di sampaikan” ungkapnya.

Terdapat 124 obat masuk dalam daftar BPOM, yang saat ini sedang dalam penelitian apakah aman untuk di minum atau tidak, tinggal menunggu hasilnya. (gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *