OKU, SUMSEL  

PJ Bupati OKU Hadiri TTG di Cirebon

Cirebon, Peristiwaterkini.id – Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dan Penjabat Ketua TP. PKK OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy Menghadiri Pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXIII Tahun 2022 yang Dibuka Oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Republik Indonesia, Bertempat di Ballroom Aston Hotel Cirebon pada Rabu, (19/10/2022).

Perhelatan gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Nasional ke-XXIII dipusatkan di Cirebon Jawa Barat, berlangsung pada tanggal 19-21 Oktober 2022. Gelar TTG adalah acara tahunan yang bertujuan memasyarakatkan inovasi hasil TTG, sekaligus ajang promosi dan pertukaran informasi terkait pengembangan serta pemanfaatan TTG untuk kemajuan ekonomi masyarakat khususnya di pedesaan.

Menteri Desa PDTT, A Halim Iskandar., Mengatakan bahwa dalam pelaksanaan program gelar TTG, pemanfaatan Dana Desa untuk TTG ini diberikan ruang seluas2nya untuk dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, hingga Desa, mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Dengan dukungan tersebut, sejak tahun 2015 hingga 2022 jumlah peralatan TTG di Desa untuk bidang pertanian telah memanfaatkan lebih dari 909 ribu alat, bidang peternakan lebih dari 653 ribu alat, sedangkan bidang perikanan lebih dari 450 ribu alat. Hal itu terbukti berdampak pada peningkatan produktivitas di sektor pertanian, perikanan, dan peternakan berdasarkan laporan dari Desa2.

“Dampaknya Desa2 melaporkan penggunaan alat TTG telah berhasil meningkatkan produktivitas sektor pertanian, perikanan, dan peternakan,” ungkapnya.

Sementara Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul., Menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pemda karena dapat menjadi ajang untuk saling bertukar informasi dan teknologi yang ditemukan antara satu Desa dengan yang lain, serta satu Provinsi dan Kab/Kota dengan yang lainnya. Hal itu dapat menjadi motivasi dalam memberikan mengubah masyarakat ke arah lebih baik lagi.

“Kegiatan ini sebagai ajang bertukar informasi, teknologi yang ditemukan antara Desa satu dengan yang lain, Provinsi dan Kab/Kota satu dengan yang lain. Ini jadi motivasi untuk mengubah masyarakat ke arah lebih baik lagi,” pungkasnya.

Disela acara Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Mengatakan bahwa Pemkab OKU memberikan apresiasi rangkaian acara gelar TTG ini yang menampilkan berbagai macam inovasi Desa dari berbagai daerah, gelar TTG selain menjadi ajang pamer inovasi juga menjadi ruang untuk temu bisnis, pameran UMKM, Loka Karya dan Rakernis. Teddy mendukung Desa – Desa  yang ada di OKU untuk berinovasi dan membuat program unggulan di bidang TTG untuk dikembangkan di masyarakat.

“Kita berikan apresiasi pada Desa-desa yang telah mengembangkan inovasinya dalam pemanfaatan TTG. Kita akan usulkan kedepannya setiap Desa ada satu inovasi di bidang TTG dan akan dibantu untuk hak patenkan temuannya agar jika dikembangkan skala luas bisa menjadi penghasilan bagi Desa” ujar Teddy Meilwansyah.

Teddy Meilwansyah menambahkan, Pemda akan menjadi jembatan bagi pelaku inovasi untuk mempertemukan dan mengembangkan inovasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa dalam skala luas, sehingga inovasi tersebut dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat luas.(ril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *