OKU  

Tambah Penghasilan, ini Yang Dilakukan Pemuda Batumarta I

OKU, Peristiwaterkini.id – Kegiatan positif pemuda Desa Batumarta I kecamatan Lubuk Raja, patut menjadi contoh pemuda pada umumnya. Tanpa rasa malu para pemuda yang diketuai oleh Indrawan ini mengelola usaha ternak kambing. Secara bergantian para pemuda tersebut merawat dan memberi pakan secara bergantian untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dikatakan Indrawan banyak manfaat yang udah di ambil dengan memelihara kambing. Bahkan kotoran nya pun bisa dijadikan pupuk organik yang tentunya bisa menambah penghasilan.

“usaha yang sedang di tekuni pemuda desa ini mengelola kotoran menjadi pupuk organik, pupuk tersebut nantinya akan di jual kepada petani sekitar dengan harga yang ekonomis,” ucap Indrawan (19/10/2202)

Dengan adanya usaha ini, tambah Indrawan anak – anak muda di desa menjadi punya kegiatan yang positif selain bertani. Karena pada umumnya kegiatan sehari hari mereka adalah bertani jagung. Dengan adanya ternak kambing dari bantuan pemerintah tentunya sangat membantu anak muda untuk lebih maju lagi dari usaha mereka.

“Bantuan ternak kambing ini sebanyak 15 ekor beserta kandangnya yang di terima beberapa waktu lalu. Kambing ini akan terus di kembang biakan oleh mereka, sementara pupuk organik yang dikelola tersebut bisa menjadi usaha unggulan, dengan usaha ini mereka akan terus mengembang biakan hewan tersebut agar menjadi banyak dan akan banyak juga hasil pupuk yang di dapat,” lanjutnya.

Sementara itu kepala dusun Sumber jaya desa Batumarta I Rohan sangat mendukung kegiatan anak muda ini, dimana tempat ternak usaha mereka untuk kemajuan baik itu pemuda sekitar dan para petani yang ada di desa ini.

“Kegiatan ini sangat positif, selain untuk usaha anak muda, para petani yang ada di desa ini dapat terbantu dengan adanya pupuk organik dari usaha anak muda ini, untuk itu petani tidak perlu lagi membeli pupuk di luar yang harganya sudah cukup tinggi, cukup mendatangi para pemuda ini dan harga pupuk tersebut jauh lebih murah dari merk – merk pupuk yang di jual sekarang ini,” ungkapnya.

Saat ini harga pupuk di pasaran sangat sulit dijangkau oleh petani, dengan harga yang terus bertambah membuat para petani kebingungan. untuk itu pupuk organik dan pupuk kompos yang di buat oleh para pemuda menjadi pupuk alternatif agar yang dihasilkan tetap stabil, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *