2 Kecamatan Di OKU Diterjang Angin Puting Beliung

Camat Baturaja Timur Ogan Amrin, Bhabinkamtibmas, dan beberapa perangkat desa meninjau lokasi yang terkena angin puting beliung

OKU Peristiwaterkini.id – Akibat hujan deras yang disertai angin puting beliung yang terjadi pada kamis (13/10/2022) petang, puluhan rumah di kabupaten OKU rusak. Dari data yang dikeluarkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten OKU tak kurang dari 100 Kepala Keluarga (KK) di dua Kecamatan di dalam kota Baturaja yakni kecamatan Baturaja Barat dan Kecamatan Baturaja Timur terdampak.

Dikatakan kepala BPBD OKU Amzar kristopa melalui manager Pusdalops Gunalfi, Hujan deras membuat rusak 82 unit rumah rusak dengan jenis kerusakan bervariasi mulai dari rusak berat dan ringan di Kelurahan Saung Naga Kecamatan Baturaja Barat. Kerusakannya tersebar di RT 11,12,13 dan 14. Dengan total kerugian sekitar Rp 350 juta.

“Termasuk kandang ayam warga ambruk, ” ujat Gunalfi.

Sementara itu, Camat Baturaja Timur Ogan Amrin SSTP yang sempat meninjau langsung para korban di wilayah desa tanjung baru mengatakan untuk di wilayah Baturaja Timur yang terkena dampak angin puting beliung adalah desa tanjung baru. Bahkan kata Ogan ada yang dapur rumah warga ambruk.

“Di kecamatan Baturaja Timur ir ada 9 rumah yang terdampak. Diantaranya 1 pondok roboh total, 1 rumah dapurnya ambruk serta 7 rumah lain rusak ringan dan 1 pohon besar tombang.Tadi kita baru saja meninjau langsung ke lokasi nya di RT 07 Dusun 7 Jln Sejahtera Karang sari desa Tanjung Baru,” ucap Ogan Amrin.

Rumah warga yang dapurnya roboh akibat angin puting beliung

Sementara itu Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd dibincangi usai kegiatan jum’at bersih (14/10/2022) mengatakan saat ini pemkab OKU melalui BPBD OKU, Dinsos dan Camat serta lurah telah memantau dan melakukan pengecekan kelapangan.

“Memang yang banyak terdampak musibah itu daerah Baturaja Barat dan Baturaja Timur, ada rumah rusak dan pohon tumbang,” kata Teddy.

Namun lanjut Teddy, bersyukur dari peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Saat ini pemkab OKU melalui TIM BPBD dan kecamatan sedang melakukan pendataan baik rumah yang rusak dan kerugian yang ditimbulkan.

“Mungkin nanti kita akan melakukan perbaikan sementara terhadap rumah-rumah warga yang terdampak peristiwa itu, kalau pohon-pohon yang tumbang dan menghalangi jalan sudah dibersihkan oleh tim BPBD dan dinas lingkungan hidup,” ujar Teddy.

Teddy menghimbau kepada masyarakat Kabupaten OKU untuk mewaspadai cuaca ekstrim yang bisa saja datang tiba – tiba seperti hujan lebat dan angin puting beliung. Diharapkan masyarakat tetap waspada sehingga bisa memitigasi dan meminimalisir dampak dari cuaca ini. (Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *