OKU  

Horee.. Tahun Depan Bantuan Bibit Jagung Disalurkan

OKU, Peristiwaterkini.id – Bantuan bibit jagung untuk kelompok tani di Lubuk Raja akan direalisasikan pada tahun 2023 mendatang. penyuluh pertanian Baturaja timur dan Lubuk Raja saat ini sedang mendata kelompok tani jagung ada ada di 2 kecamatan tersebut. Yuni Tawantina penyuluh pertanian jagung sedang mendata kelompok tani jagung di desa Batumarta I pada Kamis (13/10/2022).

“Bantuan bibit jagung akan segera di salurkan, sebelum di salurkan kami dari penyuluh pertanian akan mendata ulang kelompok tani yang sudah mengajukan bantuan bibit jagung kepada pemerintah melalui Dinas Pertanian,” ucap Yuni.

Yuni menambahkan, untuk Kecamatan Lubuk Raja ada dua desa dengan luas 30 hektar lahan jagung akan mendapatkan bantuan benih jagung di tahun depan. Pendataan ini yang dilakukan melalui ketua kelompok tani yang ada di desa – desa guna memastikan kelompok tani memang benar benar ada agar tidak salah dalam penyalurannya.

“Jangan sampai data yang kita terima tidak tepat sasaran, semua petani jagung yang benar – benar menanam jagung mendapatkan bantuan di tahun depan nantinya,” jelasnya.

Kecamatan Lubuk Raja terdapat 2 desa kelompok tani yang mendapatkan benih bibit jagung, yaitu desa Batumarta I dan desa Batumarta II, sedangkan kecamatan Baturaja Timur terdapat 6 desa dengan luas 567 hektar untuk tanaman jagung.

Salah satu ketua kelompok tani Nazwa Indrawan yang sedang didata untuk mendapatkan benih jagung mengatakan, saat ini pihaknya sedang di data menurut pengajuan bantuan benih jagung, “dengan adanya bantuan benih jagung kami petani merasa terbantu oleh pemerintah, mudah – mudahan bantuan benih ditahun depan bisa lebih bagus dari tahun ini,” ucap Indrawan.

Petani jagung yang ada di desa Batumarta I sangat terbantu saat ini, walaupun lahan tidak terlalu luas namun bisa membantu memberikan tambahan di masa harga getah karet menurun, karena rata rata di kecamatan ini mayoritas petani karet.( Gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *