Desa Batu Winangun Wakili OKU Dalam Lomba PKK KB Kes Profinsi Sumsel

tim penilai sedang menilai PKK KB kesehatan desa Battu Winangun

OKU, Peristiwaterkini.id – Desa Battu Winangun Kecamatan Lubuk Raja menjadi wakil Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dalam penilaian Lomba PKK KB kesehatan tingkat provinsi Sumatra Selatan. Acara yang diadakan dikantor Desa Battu Winangun pada Rabu (13/10/2022) itu dihadiri oleh Penjabat (PJ) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah, ketua TPPKK OKU Hj Zwesti Karenia, unsur Forkompinda,  tokoh masyarakat serta masyarakat desa setempat.

PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah

Penjabat Ketua TP. PKK OKU Hj.Zwesti Karenia., Menyampaikan penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi. Dalam rangka percepatan perkembangan Posyandu Aktif, Maka diperlukan lembaga Pokjanal (kelompok Kerja Operasional ) sehingga memudahkan dalam koordinasi, pembinaan, fasilitasi, advokasi , dan bantuan yang berkaitan dengan fungsi dan kinerja Pos Pelayanan terpadu,

“keberlangsungan peran Pokjanal saat ini menjadi semakin strategis, terlebih untuk mendukung program penting Nasional yaitu percepatan penurunan stunting khususnya di OKU yang merupakan Locus Stunting di Provinsi Sumsel, sebagai mana kita ketahui bersama untuk pemantuan tumbuh kembang dalam program stunting akan sangat banyak peran Posyandu dan Kader, untuk itulah posyandu menjadi semakin penting untuk direvitalisasi,” ucap Hj.Zwesti Karenia.

Kabid PMD Propinsi Sumsel Rika Apriliana menyampaikan pihaknya  membawa 4 tim penilai dari provinsi Sumsel, yang akan memberi penilaian. “tim penilaian membidangi masing masing dalam penilaian lomba ini yakni perwakilan BKKBN, Dinas Kesehatan provinsi Sumsel, serta staf PMD Provinsi, tim penilai akan mengklarifikasi kelapangan dan tanya jawab sesuai dengan yang ada di lapangan,”ungkapnya.

Ketua tim penilai profinsi Rika Aprilina

Di tambahkan Rika lomba PKK KB telah menjadi agenda pembangunan terdepan terutama kesejahteraan keluarga. dengan adanya kader – kader yang telah mencapai ke tingkat desa desa, dirinya berharap akan tumbuh kesejahteraan masyarakat.

Ketua TPPKK kab OKU Zwesti Karenia Teddy

Sementara itu, Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah dalam sambutanya mengatakan Desa Battu Winangun adalah Desa yang penuh inovasi. Hampir sebagian besar inovasi terlahir di Desa Battu Winangun.

“Memang sangat tepat Desa ini mewakili OKU untuk penilaian PKK KB kesehatan tingkat Propinsi Sumsel, jika melihat potensi yang ada saya yakin jika dilihat indikator masalah administrasi semua ada di sini, semua tidak di buat dan ada dari dulu dan ini adalah kerja keras dari kepala Desa Battu Winangun,” ucap Teddy.

Sambutan tim penilai dan PJ Bupati OKU beserta rombongan

Ditambahkan Teddy Meilwansyah kegiatan Itu adalah termasuk pengendalian inflasi daerah, kegiatan tersebut juga masih ada sangkut pautnya tentang inflasi serta  stanting. Sebab kegiatan semacam ini adalah target pemerintah pusat dari presiden langsung.

“Tujuan utama dari kegiatan ini adalah bukan hanya juara satu saja, namun  bagaimana kita mensejahterakan dan memakmurkan masyarakat, mandiri dan sebagainya, kampung keluarga berkualitas (KB) ini adalah pola pemersatu dan inovasi yang baik dari BKKBN, semoga bisa memenuhi tim penilai dari provinsi,” ungkapnya.

Kepala desa Battu Winangun beserta perangkat desa

Usai memberikan kata sambutan Pj Bupati OKU beserta rombongan langsung meninjau kegiatan tim PKK kecamatan Lubuk Raja, serta meninjau langsung perkembangan tanaman untuk meningkatkan inflasi di Desa Battu Winangun, untuk tim penilai langsung menilai dan melakukan tanya jawab ditempat yang sudah di sediakan. (Gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *