Ternyata, Pelaku Mendapat Uang Palsu Dengan Cara Membeli

Pelaku pengedar uang palsu yang berhasil di amankan warga di desa Laya kecamatan Baturaja Barat

OKU, Peristiwaterkini.id – Dua orang tersangka pengedar uang palsu Muhammad Cairudin (31) Warga Sungai selincah Rt 28 kel sungai selincah Kecamatan Kalidoni Kota Palembang beserta rekan nya Helmi (48) warga Padang bungkuk Rt 29 rw 03 Desa padang bungkuk Kecamatan Karya Jaya Kota Palembang yang berhasil di tangkap pada Kamis (7/10/2022) lalu ternyata mendapatkan uang palsu dengan cara membeli dari seseorang di Kota Palembang.

Hal ini di ungkapkan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kasatreskrim Polres OKU AKP Hillal Adi Imawan di dampingi Kanit Pidsus IPDA Bagus Aji Randhika Selasa (11/10/2022). Dikatakan IPDA bagus kedua pelaku membeli uang palsu tersebut seharga Rp. 450.000,-.

“Mereka (pelaku) membeli uang palsu pecahan 100.000 dengan jumlah 1,5 juta  seharga Rp 450.000,-. Kemudian mereka membelanjakan uang tersebut keberbagai daerah,” Jelas IPDA Bagus.

Dilanjutkan nya, kedua pelaku bukan hanya membelanjakan uang palsu yang di belinya itu di kabupaten OKU saja. Keduanya ternyata telah berkeliling dan dalam perjalanan pulang ke arah Palembang.

“Mereka ini sudah keliling. Di kabupaten OKU Timur mereka telah membelanjakan uang palsu ini sebesar 500.000. Kemudian mereka ke Propinsi  Lampung (daerah Liwa), di sana mereka menghabiskan sebanyak 800.000 uang palsu dan sisanya 200.000 dibelanjakan di Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU,” lanjutnya.

Masih kata Kanit Pidsus, modus kedua pelaku dalam membelanjakan uang palsu tersebut adalah dengan membeli rokok Surya. Dari hasil pembelian itu mereka mendapat keuntungan uang asli dari kembalian uang yang di belanjakan.

“Modus kedua tersangka ini dengan membeli rokok Surya dengan menyodorkan uang 100.000 palsu. Nah, keuntungan mereka ini adalah uang kembalian nya. Di mana setiap membeli rokok Surya seharga 28.000 mereka akan Mendapat kembalian uang asli sebesar 72.000,” kata IPDA Bagus lagi.

Sayangnya aksi keduanya ketahuan saat membeli rokok di desa Way Heling Kecamatan Lengkiti. Pemilik warung curiga dengan uang yang di sodorkan hingga bertanya kepada saudaranya. Pada akhirnya kedua pelaku yang kabur saat ketahuan berhasil di amankan setelah di kejar warga.

“Pelaku berhasil di amankan di Desa Laya Kecamatan Baturaja Barat oleh Komcad kodim 0403 OKU bersama warga lalu di serahkan ke Polsek Baturaja Barat. Saat ini kedua pelaku sudah kita amankan di sel tahanan polres OKU,” Pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *