SMKN 02 OKU Launching Batik Kepayang Khas OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN 2 OKU) mengadakan launching Batik Kepayang yang diselenggarakan di Gedung Kesenian Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pada Jum’at (7/10/2022).

Launching Batik Kepayang SMKN 2 OKU itu bertemakan OKU Bangga Punya Batik, dan berslogan menuju Sumsel maju untuk semua. Kegiatan itu dihadiri oleh Gubernur Sumsel H Herman Deru diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan prof Drs H Riza Pahlevi, M.M, PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah diwakili oleh asisten 1 Slamet Riyadi dan ketua TPKK OKU Zwesti Karenia Teddy dan tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati (PJ) OKU H Teddy Meilwansyah melalui Asisten 1 Slamet Riyadi dalam kata sambutannya mengatakan rancangan batik khas OKU bisa dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. “SMAN 2 OKU bisa mempelopori lomba kreasi dan inovasi motiv batik khas OKU dalam berbagai bentuk assesoris atau tertampil melalui lukisan lukisan atau dalam berbagai bentuk bahan pakaian, cover buku, motif dinding bangunan, dan sebagainya,” Ucap Slamet.

Slamet Riyadi menambahkan kegiatan seperti itu tentunya sangat bermanfaat untuk menumbuhkan sikap cinta budaya lokal dan nasional, Harapannya SMKN 2 OKU terus berinovasi dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler sekolah.

“Sebab kegiatan tersebut bukan lagi hanya sebatas kegiatan pelengkap dan kegiatan belajar mengajar, namun perlu dipandang sebagai kewajiban untuk mendidik spirit berprestasi, semangat kompetitif dan ajang pengembangan minat dan bakat para siswa,” lanjutnya.

Sementara ituGubernur Sumsel H Herman Deru diwakili oleh kepala Dinas Pendidikan Propinsi prof Drs H Riza Pahlevi, M.M sangat mengapresiasi kegiatan SMKN 2 OKU. Dia mengatakan kegiatan ini untuk menggali kearifan lokal, juga menjadi komponen siswa didik untuk membentuk karakter siswa.

“SMKN 2 OKU telah dapat mengeluarkan inovasi yang salah satunya akan kita launching, Sumsel maju ada dalam pendidikan SMKN banyak sekali kegiatan menuju Sumsel Maju, memberikan apresiasi dalam bidang yang banyak melakukan kegiatan, jika kita sukses atau gagal kita harus bekerja dan melangkah, SMKN 2 menunjukan pada kita semua bergerak dan melangkah, dengan ini sukses bergerak kami bangga kepada SMKN 2 teruskan kepada guru – guru dan kader beserta siswa diteruskan,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala sekolah SMKN 2 OKU Hamlaini S.Pd., M.M saat ditemui portal ini mengatakan, batik ini sudah di hak izinkan terdaftar di Kemenkumham pada Agustus 2022 di Palembang, ide pembuatan batik kepayang ini adalah dari buah kepayang yang ada di kab OKU, ide ini diangkat dari ibu Modia Boni S,E M Si kabit SMK provinsi Sumsel.

“Ide tersebut kita berikan kepada siswa dan dilombakan, setelah itu terpilihlah batik dari siswa yang bernama Siva Salsabilah dari jurusan tata busana,” imbuhnya.

Dirinya berharap Semoga SMKN 2 OKU terus berkarya. Menurutnya Oku punya ratusan motif batik dan tinggal dipilih. “kita akan menjadikan batik ini batik SMKN 2 dan kedepan akan menjadi baju SMKN 2, batik sekolah kemungkinan tahun ajaran baru siswa sudah mengenakan batik ini,”pungkasnya.(gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *