Aturan Penggunaan Sepeda Listrik Masih Abu – Abu

OKU, Peristiwaterkini.id – Sepeda listrik saat ini mulai menjamur di Kota Baturaja, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat bumi sebimbing sekundang yang menggunakan sepeda bertenaga listrik tersebut. Fenomena ini bukanlah tanpa sebab, mahalnya bahan bakar minyak serta munculnya sesuatu yang baru serta unik di tengarai menjadi faktor terbesar tren nya sepeda listrik.

Kini dijalan raya di kota Baturaja sepeda listrik bukan lagi suatu pemandangan aneh. Bahkan tak hanya di kendarai orang dewasa, bahkan anak – anakpun telah banyak yang menggunakan sepeda ini di jalanan. Lalu, bagaimana keabsahannya untuk di gunakan di jalan raya menurut aturan berlalu lintas??.

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo Sik saat dibincangi awak media mengatakan, saat ini pihaknya sedang mencari regulasi tentang aturan penggunaan sepeda listrik tersebut.

“Saat ini kami masih mencari regulasinya seperti apa, kita juga akan berkoordinasi bersama pihak Polda maupun Mabes Polri untuk mengetahui ketentuan terkait sepeda listrik itu seperti apa,”ungkap kapolres belum lama ini.

Kendati di OKU belum ada regulasi yang jelas, Lanjut kapolres namun dibeberapa daerah seperti di pulau jawa sudah ada yang melakukan penertiban terkait penggunaan sepeda listrik tersebut.

“Nanti akan diadakan konversi kecepatan maksimal dari sepeda listrik ini dibandingkan dengan kecepatan sepeda motor, sehingga nanti apakah diperlukan surat – surat berkendaraan atau tidak,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, nantinya setalah dilakukan konversi kecepatan sepeda listrik tersebut, juga akan di tentukan apakah nantinya bagi pengguna sepeda listrik diperlukan Surat Izin Mengemudi (SIM) atau tidak.

“Karena pada prinsipnya bahwa setiap orang atau individu yang menggunakan fasilitas jalan, seharusnya mereka juga memiliki standar bahwa mereka harus mengetahui peruntukan jalan, tidak melihat apakah itu sepeda motor apakah itu sepeda listrik.”

Kapolres menghimbau kepada masyarakat agar selalu mengawasi anak – anak nya yang mengunakan sepeda listrik tersebut agar tidak menjalan sepeda listrik di jalan raya.

“Kita tidak tahu kondisi jalan seperti apa, banyak kendaraan – kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melintas dengan tingkat emosianal yang berbeda – beda, jangan sampai hanya kita sayang sama anak dan bisa mengakibatkan hal yang fatal,”pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *