OKU, SUMSEL  

Dinas PMD Kab OKU, Ambil Alih Verifikasi DPS Bermasalah DiDesa Banjar Sari

Verifikasi DPS Desa Banjar Sari di lakukan dikantor PMD kab OKU

OKU, peristiwaterkini.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (Kab OKU), mengambil alih serta melakukan verifikasi dan penelitian ulang Daftar Pemilihan Sementara (DPS) lantaran bermasalah di Desa Banjar Sari Kecamatan Semidang Aji.

“Penetapan DPS di Desa Banjar Sari terpaksa di adakan di Kantor Dinas PMD, ini karenakan adanya sedikit masalah yaitu tidak adanya kenetralan dalam proses DPS ini,” ungkap Ahmad Firdaus Kepala Dinas PMD OKU saat dibincangi portal ini Kamis (22/9/2022).

Pengambil alihan proses ini dilakukan agar bisa menyelesaikan permasalahan serta tidak menimbulkan kericuhan. ” Penyelesaian verifikasi tetap dilakukan oleh panitia pemilihan kepala Desa, Dinas PMD kab OKU, Kapolsek dan Danramil hanya mengawasi dan mengontrol saja,” ujarnya Firdaus

Proses Verifikasi menurut Firdaus, ini mengacu pada Peraturan Bupati (perbup) nomor 27 tahun 2022 tentang pemilihan kepala desa. Dalam isi perbup disebutkan masyarakat pemilih harus berdomisili didesa setempat minimal 6 bulan sebelum DPS ditetapkan, hal ini dibuktikan dengan E-KTP.

“Selama ini panitia dan RT tidak mengacu pada aturan Perbup ini, makanya timbul sedikit kegaduham tersebut, makanya kita tarik ambil alih ke kabupaten,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini Firdaus kadin PMD kan OKU menghimbau agar seluruh perangkat desa, panitia pilkades, kecamatan dan Kabupaten menghimbau agar tetap menjaga netralitas selama proses pelaksanaan pemilihan kepala Desa serentak. “Netralitas tetap kita junjung tinggi, dan laksanakan proses Pilkades sesuai aturan yang sudah di tetapkan,” Pungkasnya.

Proses verifikasi dan penelitian DPS Desa Banjar Sari masih berlangsung, Panitia Pilkades Desa Banjar Sari beserta RT diawasi oleh Dinas PMD, Kapolsek Semidang Aji IPTU Wahyudim dan Danramik Semidang Aji Kapten Inf Tanjung langsung memeriksa satu persatu setiap nama masyarakat untuk dimasukan dalam DPS. (Gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *