Progam Desa Siaga Darah Solusi Atasi Kekurangan Stok Darah

OKU, Peristiwaterkini.id – Selalu mengalami kekurangan stok darah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) luncurkan program Desa Siaga Darah. Hal tersebut dikatakan Ketua PMI OKU Yunizir Djakfar saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Kerja PMI OKU tahun 2022, Senin (19/09/2022).

Dikatakan Yunizir Desa siaga darah ini nantinya akan membantu kebutuhan darah disetiap Desa yang ada di OKU. Setiap desa PMI akan membentuk relawan donor darah yang tugasnya membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

” Seperti yang kita tahu, kebutuhan darah selalu meningkat. Sedangkan jumlah relawan PMI di OKU msh sangat terbatas, makanya kita akan buat Desa Siaga Darah, hal ini agar stok darah bisa terpenuhi minimal untuk desa itu sendiri,” ucap Yunizir.

Ditambahkan Yunizir, saat ini dalam satu bulan PMI Kabupaten OKU setidaknya membutuhkan
300 hingga 700 kantong. Jumlah itu kata Yunizir sangat berbanding terbalik jika dibandingkan dengan jumlah relawan yang ada.

“Nah, mudah – mudahan dengan adanya program Desa siaga darah, bisa membantu PMI dalam menyediakan stok darah. Dan alhamdulillah saat ini sudah berjalan,” tambahnya.

Yunizir menjelaskan saat ini sudah ada 2 kecamatan di OKU yang menjadi desa siaga darah. Desa nya adalah Desa Batu Raden dan Marta Jaya di Kecamatan Lubuk Raja.

“Untuk saat ini baru di Kecamatan Lubuk Raja. Kita berharap kedepan nya di setiap kecamatan memiliki desa siaga darah juga,” jelasnya.

Kedepan, kata Yunizir, progam Desa Siaga Darah bakalan menjadi progam unggulan PMI Kabupaten OKU, minimal setiap kecamatan mempunyai Desa siaga darah. Harapannya kedepan, dengan adaya program Desa siaga darah, PMI Kabupaten OKU dapat memberikan yang terbaik buat kabupaten OKU sendiri.

“Dan dengan kebersamaan ini agar kita dapat sama – sama bisa tahu apa yang menjadi keinginan teman – teman untuk membantu percepatan program kerja PMI Kabupaten OKU,” pungkasnya. (lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *