Masih Menunggu Petunjuk Pusat, Penerapan Tilang ETLE Di OKU Belum Di Berlakukan

OKU, peristiwaterkini.id – Satuan Polisi Lalulintas (Satlantas) Polres kabupaten Ogan Komering Ulu (kab OKU), sampai saat ini belum memberlakukan penerapan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kab OKU. Meski satu unit alat ETLE sudah lama terpasang di perempatan lampu merah Air Paoh.

Satlantas Polres OKU saat ini masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat pengguna kendaraan dengan keberadaan alat ETLE dan masih menunggu petunjuk teknis dari Polda Sumsel untuk penerapan tilang ETLE.

Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo Sik melalui Kasat Lantas Polres OKU  AKP Sutrisman SH MM ditemui portal ini mengatakan, pihaknya belum menerapkan sistem tilang ETLE kepada pengendara yang ada di Kab OKU. dikarenakan pihaknya masih menunggu petunjuk pusat Korlantas Polri dan Polda Sumsel terlebih dahulu dalam teknis penerapannya. 

“Kita masih menunggu petunjuk pusat dahulu untuk penerapan ETLE, untuk itu masih proses, Untuk sosialisasi dan uji coba telah dilaksanakan,” ucap Sutrisman, Senin (19/09/2022).

AKP Sutrisman menjelaskan, pihaknya sudah memasang satu unit alat ETLE sejak awal Juli 2022 di lokasi perempatan lampu merah  Air Paoh. Pihaknya telah  mensosialisasikan keberadaan alat ETLE kepada masyarakat pengguna kendaraan yang melintas dijalan tersebut. Menurutnya , hingga saat ini, keberadaa alat ETLE yang sudah terpasang baru sebatas  untuk  memonitor dan memantau pergerakan lalulintas di seputaran lokasi serta mengetahui jenis dan pelanggaran yang telah dilakukan pengendara saat terekam kamera ETLE. 

“Dari pengawasan yang terpantau dengan kamera ETLE jenis pelanggaran yang banyak dilakukan pengendara berupa pengendara R2 yang tidak memakai helm dan pengendara R4 yang tidak menggunakan sabuk pengaman. Serta penggunaan handphone saat berkendara terlebih pada malam hari,” pungkasnya. 

AKP Sutrisman juga menghimbau kepada masyarakat di wilayah Kab OKU agar tetap mematuhi peraturan lalulintas dan tidak melanggar aturan lalulintas, meskipun sistem ETLE masih belum diterapkan. (Gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *