Rutan Kelas IIB Baturaja masih Di Dominasi Kasus Narkoba

OKU, peristiwaterkini.id – kasus tindak pidana Narkoba di kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) masih mendominasi, jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana yakni mencapai 233 orang WBP dari 342 WBP yang ada di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Baturaja.

Kepala Rutan kelas IIB Baturaja, Febriansyah melalui Kasubsi Pelayanan Tahanan, Mirullah mengatakan, saat ini tercatat penghuni rutan kelas IIB Baturaja mencapai 411 orang, jumlah tersebut terdiri dari tahanan sementara atau titipan sebanyak 69 orang serta 342 WBP yang terdiri dari Narkotika sebanyak 233 orang, kasus pidana umum sebanyak 93 orang dan perempuan sebanyak 16 orang.

“Penghuni Rutan masih didominasi kasus penyalahgunaan Narkoba saat ini tercatat sebanyak 233 orang WBP dari  342 WBP yang ada di Rutan Kelas IIB Baturaja,” katanya, Jumat (16/09/2022).

Dikatakannya, normalnya kapasitas isi Rutan Baturaja hanya mampu menampung sebanyak 262 orang WBP. Namun menurutnya, over kapasitas Rutan Baturaja kelas IIB sudah terjadi sejak lama. Namun persoalan over kapasitas penghuni Rutan Baturaja ini masih dapat ditangani pihaknya secara baik.

“Jika melihat dari jumlah kamar yang ada, kapasitas Rutan Baturaja hanya mampu menampung sebanyak 262 orang WBP/tahanan,” ungkapnya.

Dalam upaya menciptakan pembinaan bagi para WBP Mirullah menjelaskan, Rutan Kelas II Baturaja lebih  mengutamakan pembinaan secara persuasif dan pembinaan kerohanian kepada para WBP. Hal ini diharapkan agar para WBP yang sedang menjalani masa hukumannya dapat bertobat dan tidak akan mengulangi lagi perbuatan melawan hukum.   Sehingga nantinya WBP dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah menghirup udara bebas nantinya.

Ditambahkanya, selain pembinaan kerohanian, Rutan Kelas II Baturaja juga memberikan pelatihan keterampilan bagi para WBP atau Narapidana dengan tujuan saat keluar dari Rutan mereka bisa menggunakan keterampilan tersebut untuk kehidupan mereka yang lebih baik. (Gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *