Meski Pemain Tunggal, Agus Kancil Mampu Perdayai Hingga 5 Korban

Agus Irawan, pelaku penipuan yang berhasil di ringkus team opsnal Reskrim Polsek Baturaja timur

OKU, Peristiwaterkini.id – Agus Irawan alias Agus kancil (23) seorang pedagang, warga Jl. Dr. Sutomo Kp. Jaya 1 Kelurahan Sukajadi Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU akhirnya tak berkutik setelah di tangkap Team Opsnal Reskrim Polsek Baturaja Timur yang di pimpin kanit reskrim Ipda Yendra Aprizal, Sh. Agus kancil di tangkap lantaran telah melakukan tindak pidana penggelapan dan penipuan terhadap beberapa korban yang terjadi di wilayah kabupaten OKU sejak bulan juli 2022 lalu.

Dari keterangan Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo melalui Kapolsek Baturaja Timur AKP Hamid kepada awak media, bahwa modus pelaku adalah dengan cara meminjam sepeda motor milik korban nya dengan berbagai alasan, lalu membawa kabur sepeda motor tersebut.

“Salah satunya adalah dengan berpura – pura hendak mengambil kunci rumah nenek nya, lalu tersangka meminjam sepeda motor milik Rendi Raka. Namun sepeda motor itu lantas di bawa kabur,” ungkap Kapolsek pada Jum’at (16/9/022).

Bukan hanya Rendi Raka saja kata Kapolsek, masih ada korban lain yang juga telah kehilangan sepeda motor atas akal bulus Agus Kancil. Semuanya bermodus meminjam lalu membawa kabur sepeda motor para korban nya.

“Setidaknya sudah ada 5 laporan dengan 5 TKP berbeda yang masuk ke kita Polsek Baturaja timur. Modus nya semua sama, meminjam. Ada yang alasan nya meminjam mau beli rokok atau alasan kecil lain nya sehingga para korban tidak curiga,” kata AKP Hamid.

Berkat kerja keras team opsnal Polsek Baturaja timur, akhirnya team mendapat informasi tentang keberadaan pelaku. Tak ingin kehilangan buruan, tim bergerak cepat mendatangi TKP untuk ringkus pelaku.

“Dari informasi yang kita dapat, Tersangka ini berada di desa Way Halom kecamatan Buay Madang kabupaten OKU Timur. Lalu kita bergerak cepat ke sana dan meringkus tersangka saat sedang berada di sebuah Indomaret,” jelas Kapolsek lagi.

Saat ini sambung Kapolsek, pihaknya masih terus mengembangkan kasus tersebut termasuk masih berupaya mencari barang bukti sepeda motor ke 4 korban lain.

“Kita masih selidiki di mana barang bukti unit sepeda motor lain. Untuk saat ini kita baru berhasil amankan  barang bukti 1 unit Sepeda Motor Suzuki Satria FU warna hitam dengan Nomor polisi BG-5776-FX Nomor rangka MH8BG41CADJ946245 Nomor mesin : G420-IDI026912 an. Pelapor. Untuk bukti lain masih kita cari,” sambung Kapolsek kemudian.

Atas kasus itu, Agus kancil di jerat dengan pasal 372 juncto pasal 378 KUHP pidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *