Harga Komoditas Karet Terus Anjlok, Purwanto : Kita Dapat Apa??

OKU, Peristiwaterkini.id – Harga karet di beberapa daerah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (kab OKU) mengalami penurunan, salah satunya di Kecamatan Lubuk Raja dimana saat ini sudah menyentuh harga Rp 7300 per kilogram nya.

Misalnya di Desa Batumarta II harga getah karet sudah menurun dari harga sebelumnya Rp 10.000,- saat ini sudah menyentuh harga Rp 7300/kg, “Harga belum ada peningkatan dari beberapa bulan yang lalu, saat ini sudah turun lagi” keluh Iyan petani getah karet, Jumat (16/09/2022).

Diceritakan Iyan, Dalam 2 bulan terakhir ini harga karet dengan umur 15 hari terus turun, sebelumnya harga getah karet Rp 10.000/kg turun menjadi Rp 9000, berikutnya turun lagi sampai saat ini menyentuh harga 7300/kg.

“Harga getah karet masih akan berubah, namun kecil kemungkinan harga karet bisa naik, karena kabar nya harga getah karet akan turun lagi hingga Rp 5000/kg,” beber iyan.

Namun Iyan dan para petani berharap berharap kondisi itu tidak betul – betul terjadi. Sebab jika betul terjadi maka sudah dipastikan kondisi para petani Kana semakin sulit.

“mudah – mudah mudahan tidak sampai segitu, jika sampai harga segitu para petani tidak bisa berbuat banyak, kerena pendapatan dari selisih operasional sudah sangat sedikit sekali,” kata Iyan.

Hal senada di ungkapkan Purwanto, petani desa Battu Winangun. Ia mengatakan penurunan harga karet di prediksi masih akan terus berlangsung sulit di pastikan hingga kapan.

“harga getah karet terus anjlok sampai saat ini. belum tahu penyebabnya kenapa harga terus merosot. padahal harga Bahan Bakar Minyak (BBM) susah naik namun tidak ada tanda – tanda kenaikkan harga karet,” ujar Purwanto.

Ia menjelaskan jika satu hektar mendapatkan 2 kwintal getah karet, pendapatan itu bukan lah pendapatan bersih. Namun masih harus dibagi 3 yaitu pemilik kebun, dan operasional.

“Sisa nya baru milik petani atau yang menyadap. Bayangkan jika harganya terus anjlok, kita dapat apa,” keluhnya.

Merosotnya haraga getah karet di wilayah itu juga berimbas pada pengunjung pasar mingguan yang ada di desa Baturaden, terlihat pengunjung pasar sangat sedikit sekali yang datang untuk berbelanja kebutuhan mingguan, (gun).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *