Disidik OKU Gelar Sosialisasi Dana DAK Tahun Anggaran 2022

sosialisasi dana DAK dinas pendidikan OKU

OKU, Peristiwaterkini.id  – Dinas Pendidikan (DISDIK) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), gelar pembukaan sosialisasi satuan pendidikan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik bidang pendidikan pada Disdik Kabupaten OKU tahun anggaran 2022. Acara yang di laksanakan di Hotel Zuri itu dihadiri langsung Kepala Bidang, Kasi/Kasubbag dan Staf di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Kamis (15/09/2022).

Kepala Dinas Pendidikan Alfarizi, yang diwakili Kepala Bidang (Kabid) pembinaan SMP M. Dorajatun menyampaikan, Dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan digunakan untuk mendanai kegiatan pendidikan yang merupakan urusan wajib daerah sesuai dengan prioritas nasional sebagai upaya pemenuhan standar sarana prasarana pendidikan untuk mencapai standar nasional pendidikan.

“Tujuan dari dana alokasi khusus (DAK) fisik untuk pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan pada satuan pendidikan baik formal mau pun non formal dalam rangka meningkatkan akses dan mutu layanan pendidikan,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, di masa pandemi covid-19 yang melanda Indonesia dan bahkan dunia saat ini, bidang pendidikan merupakan bagian dari sektor yang harus menjadi prioritas.

“Banyak tantangan yang harus dihadapi, mulai dari keterbatasan sarana dan prasarana, kompetensi guru dan tenaga kependidikan dalam hal penguasaan teknologi informasi dan komunikasi serta beberapa hal lainnya,”tegasnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana sekolah, dinas pendidikan Kabupaten OKU  telah berusaha memenuhi kebutuhan tersebut dengan berbagai skema pendanaan, salah satunya adalah melalui dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang pendidikan yang setiap tahun diusulkan kepada pemerintah pusat melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan, riset dan teknologi.

“Pada saat proses pengusulan dana alokasi khusus (DAK) fisik bidang pendidikan, satuan pendidikan harus berperan aktif, terutama terkait dengan tersedianya data sarana prasarana pada aplikasi dapodik yang berkualitas dan akurat sesuai dengan kondisi yang ada pada satuan pendidikan saat ini,”katanya.

Lanjutnya, perlu diketahui bersama bahwa dalam pengusulan DAK berkaitan erat dengan pendataan di sekolah (data dapodik) masing masing, karena itu sudah menjadi satu sistem yang tidak terpisahkan.

“Beberapa hari yang lalu di tempat ini juga baru saja dilaksanakan bimbingan teknis (Bimtek)  pemutahiran data sarana prasarana pada aplikasi dapodik versi 2023. Itu berhubungan erat dengan dana DAK di suatu daerah yang akan di alokasikan karena dari kementerian pendidikan untuk menyalurkan dana ke daerah mempunyai satu data yaitu data dapodik.”beber Darojatun.

Selain yang telah di sebutkan di atas sambung Darojatun, sosialisasi itu bertujuan menyatukan misi, visi, dan persepsi, apabila¬† sekolah mendapat dana DAK fisik, agar bekerja sungguh sungguh, bekerja dengan serius. “Jangan melanggar aturan yang telah ditetapkan, karena sekecil apa pun dana yang bapak/ibu sebagai kepala sekolah terima semua harus di pertanggung jawabkan baik kepada pemerintah yang mengucurkan dana maupun kepada alloh SWT.” Pungkasnya.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *