Meresahkan Warga 3 ODGJ Di Tangkap Satpol-PP Kab OKU

3 ODGJ di amankan Satpol-PP karena meresahkan warga

OKU, Peristiwaterkini.id – Lantaran kerap ngamuk, seorang pria berinisial DM diamankan oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) , Selasa (13/9/2022). Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut ditangkap setelah mengamuk di daerah jalan Kemiling Kelurahan Baturaja Timur.

DM langsung di bawa ke dinas sosial Kabupaten OKU untuk di data. Bukan hanya DM, 2 ODGJ lain yang kerap meresahkan di wilayah Kabupaten OKU ditempat yang berbeda juga di bawa ke kantor dinas sosial untuk didata dan diamankan.

Penangkapan ODGJ itu dibenarkan Kasi Pembinaan dan Pengawasan Undang – Undang Satpol-PP Syaridin. Ia mengatakan satu ODGJ berinisial DM sudah meresahkan warga DNA berhasil diamankan.

” DM sering mengamuk tidak jelas, saat kita tangkap ODGJ ini sedang tidak mengenakan pakai sama sekali dijalan,” ujar Syaridin.

Usai mengamankan DM di daerah kemiling, tambah Syaridin, pihaknya juga menangkap 2 ODGJ lainnya berinisial EK serta SP. Keduanya ditangkap di lampu merah air paoh, dan di daerah ATM Bank Sumsel,” lanjutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten OKU Syaiful Kamal Skm.M melalui Kabid Rehabilitasi sosial Sri Hartini SE mengatakan ke tiga ODGJ ini nantinya akan di serahkan ke rumah singgah. Selanjutnya Dinsos OKU akan menghubungi pihak keluarga mereka.

“setelah didata akan di letakkan di rumah singgah, setelah ini akan di reunifikasi keluarga untuk segera di jemput oleh keluarganya,” Beber Sri Hartini.

Namun, sambung Sri Harini, Jika dalam 8 hari pihak keluarga tidak menjemput, maka pihaknya akan mengantarkan kerumahnya masing – masing.

“Saat ini statusnya masih ODGJ karena dilihat dari kejiwaannya, 2 ODGJ masih bisa di mintai data namun DM masih belum bisa dimintai keterangan, karena masih ngawur, namun masih ingat namanya,”pungkasnya.

Diketahui dari keterangan para ODGJ, bahwa mereka bukanlah penduduk asli kabupaten OKU. Mereka merupakan pendatang sari laut daerah yang tidak tahu kapan tiba nya di OKU.

“Ke 3 ODGJ bukan berasal dari wilayah OKU, 2 ODGJ berasal dari pulau Jawa dan satu yang belum diketahui yaitu DM kerena masih berbicara sembarangan saat di mintai keterangan,” pungkasnya. (Gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *