OKU, SUMSEL  

Peringati Hari Kesehatan Gigi Nasional, PDGI Gelar Sikat Gigi Masal

Praktek Sikat Gigi yang baik dan benar diikuti siswa SD di OKU

OKU, Peristiwaterkini.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional (HKGN) tahun 2022 Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) kabupaten Ogan Komering Ulu menggelar kegiatan sikat gigi massal. Kegiatan yang digelar di lapangan Taman Kota Baturaja itu bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten OKU dan TPPKK Kabupaten OKU dengan melibatkan siswa sekolah dasar yang ada di Kabupaten OKU pada Senin, (12/9/ 2022) pagi.

Selain sikat gigi, PDGI juga memberikan edukasi terkait kesehatan gigi dan tata cara menyikat gigi yang baik dan benar, dengan menggunakan alat peraga manekin gigi didepan siswa sekolah dasar.

Dalam sambutanya Penjabat (PJ) Bupati kab OKU H Teddy Meilwansyah diwakili oleh asisten 3 Romson Fitri mengatakan kegiatan ini dilaksanakan serentak di 13 provinsi di Indonesia dalam rangka memperingati hari kesehatan gigi dan mulut nasional.

“Salah satu upaya yang harus dilakukan adalah memperkuat kesehatan tubuh anak melalui pola hidup sehat dalam hal sehatnya gigi, sehatnya mulut, sehatnya saluran pencernaan, maka sehatlah tubuh kita, saya berharap kegiatan sikat gigi bersama ini akan menjadi pikiran awal kita untuk lebih sungguh sungguh memelihara kesehatan gigi dan menerapkan pola hidup sehat, khususnya dalam lingkungan keluarga,” Ujat Romson Fitri.

Sementara itu, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Rozali sangat mendukung sekali kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka ulang tahun kesehatan anak dan PDGI itu.

Foto bersama PDGI, dinas kesehatan, PTPKK, dan siswa SD

“Kita sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan untuk di ketahui kegiatan ini tidak hanya dilakukan di taman kota Baturaja saja namun dilaksanakan di 3 titik berbeda,” ucap Rozali.

Selain kegiatan edukasi sikat gigi yang baik dan benar penyelenggara dari PDGI juga mengadakan sesi tanya jawab seputar kesehatan, tanya jawab tersebut di lakukan oleh ketua PJ TPKK Kabupaten OKU Zwesti Karenia kepada siswa SD.

Ketua PDGI OKU Raya. drg Arini ditemui portal ini mengatakan Peringatan ini serentak dilakukan di Indonesia. untuk gosok gigi bersama dipusatkan di GBK dengan jadwal di Indonesia barat pukul 09.00 wib, Indonesia tengah pukul 10.00 wit Indonesia timur  pukul 11.00 wit.

“acara ini rencana memecahkan rekor muri sebanyak 500 ribu anak ternyata melebihi target. Dari informasi yang kita dapat sebanyak 7008 ribu anak yang mengikuti kegiatan ini. Dan  untuk di Kabupaten OKU sendiri  ada 1500 anak, OKU Timur 1700 anak, serta OKU selatan 1700 anak,” beber drg Arini.

drg Arini berharap dengan adanya kegiatan semacam ini dapat mencegah kerusakan gigi pada Anka sedini mungkin. “Kesehatan gigi dan mulut tahun ini sudah lumayan ada peningkatan sebab sekarang sudah banyak yang  sadar untuk pemeriksaan gigi ke Dr Gigi dibandingkan tahun lalu dimana tahun sebelumnya masyarakat masih takut untuk pemeriksaan gigi. Kedepan  puskesmas akan mengajak satu Dr Gigi ke  Sekolah Dasar sebagai upaya meningkatkan  kesehatan Gigi di sekolah (UKGS) paling tidak 6 bulan dilaksanakan disekolah, pungkasnya. (gun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *