Duel Pasutri, Randi Akan Hadapi Istri Sendiri Pada Pilkades 2022

Pengundian Nomor urut calon Kades Lubuk Batang Baru. Randi nomor urut 1 sedang istrinya Yulia Hertati nomor urut 2

OKU,Peristiwaterkini.id – Tahapan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2022 kini telah memasuki masa sosialisasi. Saat ini panitia desa disetiap sibuk mengenalkan para calon kepada masyarakat di desa masing – masing.

Seperti juga yang dilakukan panitia Pilkades desa Lubuk Batang Baru Kecamatan Lubuk Batang. Safarudin, ketua panitia Pilkades Desa itu saat Dibincangi portal ini mengaku sembari mensosialisasikan calon kades pihaknya juga tengah mempersiapkan data pemilih sementara (DPS) Desa setempat.

“Pada Jum’at kemarin (2/9/2022) kita secara serentak telah melaksanakan penetapan calon kades serta mengundi nomor urut secara terbuka para calon kades di desa lubuk batang baru ini. Kala itu kegiatan di hadiri juga oleh camat Lubuk Batang Helni Purnanengsih, Kapolsek Lubuk Batang AKP Marjuni, danramil 403-13 Lubuk Batang Kapten Inf.Surasa, BPB desa, serta tokoh masyarakat,” jelas Safarudin Rabu (7/9/2022).

Dijelaskannya, di Desa Lubuk Batang Baru ada 2 calon kades yang akan memperebutkan jabatan kepala desa. Secara kebetulan ke dua calon itu adalah pasangan suami istri yakni Randi Arnovan serta Yulia Hertati.

“Untuk Randi mendapat nomor urut 1 sedangkan Yulia Hertati nomor urut 2, dan sejauh ini tidak ada masalah. Semua lancar saja,” jelasnya.

Selain itu, kata Safarudin dalam beberapa hari kedepan Pihkanya akan memasuki tahapan berikutnya dimana akan di umumkan kepada masyarakat mengenai jumlah mata pilih. Namun saya tersebut bukanlah data pasti melainkan data pemilih sementara.

“Nanti tanggal 12 kita umumkan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Makanya saat ini kita telah mulai menginput data di Desa Lubuk Batang baru ini, sebab jumlah mata pilih di Desa ini cukup banyak,” timpal Safarudin.

Dia menambahkan jika merujuk pada pemilihan kades periode lalu, jumlah mata pilih di desa lubuk batang baru tak kurang dari 3.400 mata pilih. Dirinya memprediksi jumlah itu akan bertambah seiring berjalan nya waktu.

” Angka itu pada tahun 2016 silam. Saya yakin di tahun 2022 ini angkanya akan bertambah. Sebab banyak pemilih pemula yang sebelumnya belum mempunyai hak pilih, kini telah memiliki hak untuk memilih. Dan rencananya, di Desa Lubuk Batang Baru ini akan menggunakan 2 TPS” tambahnya.

Dikonfirmasi mengenai pendanaan Pilkades, Safarudin tak menampik jika saat ini pihaknya belum menerima kucuran dana dari pemerintah daerah Kabupaten OKU. Hal itu juga yang ternyata menjadi keluh kesah panitia Pilkades di Desa Lubuk Batang Baru.

“Hanya itu kendala nya. Dana belum cair, sehingga kita sulit untuk bergerak,” pungkasnya.(Lee).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *