Besaran Denda Etle Masih Mengacu ke Undang – Undang

Foto : KBO lantas Polres OKU IPDA Anton didampingi Kanit Turjawali Aipda Andi Herdianto saat memberi pernyataan usia rapat koordinasi

OKU, Peristiwaterkini.id – Satuan Lalu lintas Polres OKU, Polres OKU Selatan dan Polres OKU Timur bersama Pengadilan Negeri Baturaja dan Kejaksaan Negeri Kabupaten OKU Selasa pagi (6/9/2022) menggelar rapat koordinasi pembahasan penetapan besaran denda tilang Etle yang akan segera di terapkan.

Dihadiri KBO lantas Polres OKU IPDA Anton B Siswo, Iptu Firdaus dari satlantas OKU Selatan, IPDA Meke dari satlantas OKU Timur, dan dari pihak kejaksaan negeri OKU di wakili Yusuf serta dari pengadilan negeri Baturaja diwakili Boy, rapat itu digelar di ruang Kasat Lantas Polres OKU.

Kepada portal ini, IPDA Anton mengatakan besaran denda tilang untuk sementara waktu akan kembali ke undang undang. Namun dikatakannya kedepan  tidak menutup kemungkinan akan menyesuaikan dengan kebijakan suatu daerah.

“Kalau saat ini denda nya masih berdasarkan undang – undang. Artinya masih denda maksimal. Tapi kedepan nya bisa saja berubah menyesuaikan dengan kebijakan suatu daerah,’ ujar IPDA Anton.

Dikonfirmasi terkait kapan pelaksanaan pemberlakuan tilang Etle, IPDA  Anton belum bisa memastikan. Saat ini menurut dia sifatnya masih sebatas himbauan.

“Kita masih menunggu telegram dari Korlantas Polri atau dari mabes Polri,” kata IPDA Anton.

Dia menjelaskan, untuk teknis penyampaian surat tilang ke pemilik kendaraan, pihaknya telah bekerjasama dengan PT.Pis dan giro. Nantinya kata dia kesalahan atau Surya tilang akan disampaikan ke PT.POS dan PT.POS lah yang akan mengirimkan ke pemilik kendaraan. “Jadi mekanismenya seperti itu. PT POS yang akan mengantarkan Surya tilang nya,” pungkas IPDA Anton.(Lee)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *